Sunday, 15 December 2019

Terima Kasih Minangkabau

Terima Kasih Minangkabau

Foto : Penulis bersama Tan Sri Dato' Seri Utama Dr. Rais Yatim. (denni/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Lima tahun terakhir Sipil Institute bekerjasama dengan penerbit Citra Harta Prima Jakarta fokus melakukan pengembaraan literatur sejarah untuk menggali data dan merangkum fakta tentang siapa tokoh-tokoh besar arsitek kebangsaan menuju Indonesia merdeka.

Awalnya memperkirakan hanya sekitar 50 % orang yang mendesain Indonesia merdeka adalah orang Minangkabau. Namun ternyata semakin jauh menelusuri jejak sejarah pergerakan bangsa ini menuju kemerdekaan semakin muncul data-data bagaikan sumber mata air yang tidak pernah kering mengalir nama tokoh-tokoh besar yang hampir semuanya orang asli Minangkabau (ayah ibu Minang) atau ada darah Minang mengalir dalam tubuhnya (ayahnya atau ibunya Minang). Sehingga jika harus menggunakan persentase lagi, hampir 80% orang yang mendesain Indonesia merdeka adalah orang Minangkabau. Begitu pula hampir 80% satrawan dan penulis buku fenomenal adalah orang Minangkabau.

Sambil mencatat semua data sebagai bahan dalam naskah buku GENERASI EMAS (Pemikir Gadang Minangkabau), batinku bersuara lembut berbisik ke alam menyebut kebesaran-Nya. Tuhan, nusantara perlu bersyukur kepada-Mu, karena Engkau telah mentakdirkan Minangkabau masuk dalam wilayah nusantara yang luasnya 5.193.250 km ini, terdiri dari 18.306 pulau, dan 1.340 suku. Seandainya suku Minang tidak Engkau ciptakan untuk bumi nusantara, entah nama Indonesia ada dalam peta dunia?

Pernyataan batin ini mungkin berlebihan bagi orang yang tidak memahami sejarah, tetapi bagi orang yang memahami sejarah pergerakan menuju kemerdekaan dari waktu ke waktu sejak abad ke-17, maka akan mengiyakan pernyataan batin ini. Bahkan mungkin tidak sekedar mengiyakan, tapi bisa jadi berdecak kagum dan haru membayangkan bagaimana tubuh-tubuh orang Minang berdiri kokoh di berondong peluru serdadu Belanda. Darah pun terus mengalir membasahi bumi Minangkabau demi kemerdekaan bangsa.

Pages: 1 2

Related posts

1 Comment

  1. Anonymous

    Wuah baru tahu yea ternyata buanyak tokoh2 Minangkabau yg menjadi arsitek NKRI sebut saja ide Naar de Rrpubluek, puluhan buku2 wasiat MADILOG, DKP, GERPOLEK dll.adalah Minangkabau asli Pandam Gadang Suliki di 50kota termasuk luhak nan Tigo yea. Sy sdg susun otobiografi Digoelist PPKRI eks Salimpaung Tanah Datar yg hidup bersama konco2 Bung Hatta di Digoel, Tanah Papua.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published.