Friday, 20 September 2019

Pemerintah Pusat Diminta Jajaki Keinginan Bekasi dan Depok Gabung ke DKI Jakarta

Pemerintah Pusat Diminta Jajaki Keinginan Bekasi dan Depok Gabung ke DKI Jakarta

Foto: Ilustrasi (beritagar.id)

Jakarta, Swamedium.com — Wacana pembentukan daerah otonom baru (DOB) bernama Provinsi Bogor Raya semakin santer terdengar. Bahkan kajiannya sudah mulai dilaksanakan dan akan tuntas pada akhir tahun ini.

Setidaknya terdapat 10 kabupaten atau kota yang digagas akan menjadi bagian dari rencana provinsi baru ini. Dua di antaranya adalah Kota Bekasi dan Kota Depok. Namun, jika provinsi baru ini benar terwujud, kedua kepala deerah di kota ini justru memilih bergabung dengan Provinsi DKI Jakarta.

Anggota DPD RI DKI Jakarta Fahira Idris mengungkapkan, keinginan Bekasi dan Depok ingin bergabung dengan Provinsi Jakarta merupakan ide yang menarik dan perlu dijajaki.

Jika ke depan niat ini terealisasi dan direstui Pemerintah Pusat dipastikan akan ada akselerasi yang baik tidak hanya bagi Jakarta tetapi juga bagi Depok dan Bekasi terutama dari sisi transportasi, permukiman, pendidikan, dan pelayanan publik, tata kota dan bidang lainnya.

“Dari sisi ekonomi, saya yakin akan tumbuh sentra-sentra ekonomi baru yang tentu muaranya membuat kehidupan rakyat menjadi lebih baik. Niat Bekasi dan Depok ingin berbagung ke Jakarta ini patut dipertimbangan Pemerintah Pusat,” ujar Fahira Idris di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (21/8).

Terkait wacana pembentukan Provinsi Bogor Raya, Fahira menyambut baik selama niatnya untuk mengoptimalkan potensi ekonomi dan meningkatkan pelayanan publik.

Meski saat ini pemerintah masih memberlakukan moratorium pembentukan DOB, tetapi wacana, kajian, bahkan persiapan terkait DOB tidak menjadi masalah untuk dilakukan.

Menurut Fahira, pembentukan DOB dalam sebuah negara yang menganut sistem desentralisasi adalah sebuah keniscayaan karena menjadi salah satu strategi untuk mengoptimalkan pelayanan publik dan mempercepat kesejahteraan rakyat. Walau memang dalam penerapannya harus dilakukan secara proporsional agar DOB benar-benar bermuara kepada kesejahteraan rakyat bukan sebagai ajang mendapat kekuasaan.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)