Thursday, 21 November 2019

Catatan Hukum: Kriminalisasi Sistemik terhadap Ustaz Abdul Somad

Catatan Hukum: Kriminalisasi Sistemik terhadap Ustaz Abdul Somad

Kedua, UAS adalah ulama yang tidak bisa dibeli penguasa dan berkomitmen hanya berkhidmat kepada umat. Berulangkali kita mendengar Kabar sejumlah tawaran kekuasaan kepada UAS, namun beliau tetap teguh menolaknya.

Pasca pengumuman kemenangan rezim oleh putusan MK, rezim melihat ancaman kekuasan itu bukan berasal dari partai. Partai oposisi mudah ditundukan melalui komitmen berbagi kursi dengan bungkus rekonsiliasi.

Namun, rezim tak akan sanggup menundukan umat -apalagi umat telah memiliki keyakinan bahwa kemenangan rezim diperoleh melalui kecurangan- yang karenanya hingga saat ini umat enggan memberikan legitimasi kepada rezim, meski telah terjadi pertemuan Lebak Bulus dan Teuku Umar.

Potensi perlawanan umat ini wajib dieliminasi (baca: digembosi) dengan menutup celah UAS selaku ulama panutan umat menantikan pergerakan. Padahal, UAS sudah hijrah melanjutkan studi S3 di Sudan. Namun, potensi ancaman UAS masih membuat rezim tidak bisa tidur nyenyak.

Ketiga, isu khilafah semakin krusial untuk diperangi rezim, setelah forum Ijtima’ Ulama IV memberi penegasan bahwa syariah dan khilafah, dakwah amat Ma’ruf nahi munkar, adalah kewajiban agama Islam. UAS sendiri dalam berbagai kesempatan menyampaikan pentingnya institusi khilafah bagi umat Islam.

Keadaan inilah, yang membuat rezim merasa perlu mengkriminalisasi UAS setelah gagal menawarkan sejumlah kompensasi dunia kepada UAS. Kasus UAS ini akan dijadikan rezim sebagai ultimatum umum kepada umat Islam agar jangan macam-macam kepada rezim. Padahal, umat Islam telah kehilangan urat takutnya.

Seharusnya, Polri segera menghentikan kasus ini. Sebab, magnitut perpecahan dan keterbelahan antar elemen anak bangsa akan makin menganga. Ingat, UAS itu bukan hanya milik orang Melayu Riau. UAS adalah ulama umat Islam, milik seluruh umat Islam. Dapat dipastikan, seluruh umat Islam akan membela UAS. (*)

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.