Jumat, 07 Agustus 2020

Tim PKM Universitas YARSI Gelar Pelatihan Hidroponik di Rengasdengklok

Tim PKM Universitas YARSI Gelar Pelatihan Hidroponik di Rengasdengklok

Karawang, Swamedium.com — Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas YARSI menggelar pelatihan hidroponik. Teknik hidroponik ini merupakan gaya hidup dan juga model bisnis urban farming yang saat ini sedang booming. Pelatihan yang digelar seharian itu membahas tahap produksi hingga pemasaran dengan manajemen syariah, di Desa Amansari, Rengasdengklok, Karawang, Ahad (25/8/2019).

“Pelatihan ini merupakan Program Kemitraan Masyarakat dari Tim PKM Universitas YARSI, yakni Masaagus Asaari MSi, Dr Perdana WS, dan saya sendiri,” kata Dr Any Setianingrum, melalui rilisnya yang diterima Swamedium, Selasa (27/8/2019).

Dr Any mengungkapkan, sebelum pelatihan, sudah didahului dengan kegiatan sosialisasi pelatihan hidroponik, yang dirangkai dengan acara tanya jawab yang diikuti warga dengan antusias, dan dilanjutkan acara buka puasa bersama pada bulan Ramadhan yang lalu.

Dia juga menjelaskan, sebelum kegiatan pelatihan, sudah dilakukan diskusi dan kesepakatan antara kepala desa, H Napi, unsur Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Husen, dan instruktur hidroponik, dalam penentuan lokasi lahan sebagai proyek percontohan sekaligus direncanakan sebagai sentra hidroponik di desa Amansari.

“Kesepakatan tersebut difasilitasi oleh tim PKM Universitas YARSI pada bulan April 2019. Hasilnya ditetapkan lokasi lahan berada di area kantor desa, di Jalan Raya Proklamasi, selain memenuhi persyaratan agronomis, juga dapat mempersatukan warga melalui kegiatan hidroponik desa,” jelas Dr Any.

Jalannya Pelatihan

Empat instalasi rakitan hidroponik dan semua peralatan pelatihan telah disiapkan sebelum hari H pelatihan, sehingga peserta dapat mengikuti kegiatan dengan lebih fokus dan mudah.

Pada materi pelatihan ini ada 4 model hidroponik yang dipelajari. Pada kesempatan yang sama juga diajarkan model rakit apung yang bisa dimodifikasi jika terjadi keterbatasan listrik, seperti listrik padam, maka tanaman tetap akan terjamin ketersediaan airnya.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.