Friday, 20 September 2019

Universitas YARSI Sosialisasi Aplikasi DBD Mobile ke Kader Jumantik Serdang Jakpus

Universitas YARSI Sosialisasi Aplikasi DBD Mobile ke Kader Jumantik Serdang Jakpus

Jakarta, Swamedium.com — Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih menjadi masalah kesehatan masyaakat yang serius di Indonesia. Pemerintah tidak sanggup menyelesaikan permasalahan DBD sendirian. Penanganan DBD memerlukan keterlibatan semua pihak. Tak terkecuali masyarakat.

Masyarakat diharapkan peran serta aktifnya pada kegiatan pemutusan rantai penularan penyakit DBD melalui Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Aedes, vector pembawa virus Dengue.

Peran serta masyarakat akan meningkat jika pengetahuan masyarakat adalah baik sehingga diharapkan akan terbentuk sikap dan perilaku yang positif tentang kegiatan PSN.

Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang DBD, tim periset Universitas YARSI (Kholis Ernawati dan Nurmaya) berhasil membuat aplikasi mobile media penyuluhan DBD.

Dalam rangka sosialisasi aplikasi ke masyarakat, pada Rabu (28/8/2019) diadakan kegiatan pengenalan aplikasi kepada 30 orang kader Jumantik dari kelurahan Serdang, kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat. Bertempat di kampus Univesitas YARSI ruang kuliah teater lantai 7. Kegiatan juga dihadiri pihak kelurahan dan puskesmas kelurahan Serdang.

Semua peserta kader jumantik yang merupakan ibu rumah tangga, sangat antusias mengikuti kegiatan yang diadakan dari pukul 09.00 – 11.30 WIB. Peserta belajar dari mendownload aplikasi di playstore, cara menggunakan aplikasi dan belajar materi-materi yang ada di aplikasi.

Aplikasi mobile nantinya dapat digunakan oleh kader jumantik kelurahan Serdang sebagai media penyuluhan ke warga ketika melakukan tugasnya memantau jentik dari rumah ke rumah warga di daerah tugasnya masing-masing.

Dengan bantuan aplikasi mobile media penyuluhan DBD, peran kader jumantik sebagai edukator warga, akan dapat dijalankan dengan lebih mudah dan menarik. Kader juga bisa menyampaikan kepada warga yang mempunyai HP Android agar bisa mendownload aplikasi tersebut di masing-masing HP nya. Aplikasi dapat di download di playstore (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pencegahan.dbd). (Kholis Ernawati/jurnalis warga)

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)