Sunday, 15 December 2019

Beda Sikap Wiranto dengan Moeldoko Soal Bantuan AS di Papua

Beda Sikap Wiranto dengan Moeldoko Soal Bantuan AS di Papua

Wiranto dan Moeldoko.

Jakarta, Swamedium.com — Menkopolhukam Wiranto membantah pemerintah Indonesia meminta bantuan Amerika Serikat untuk menyelesaikan persoalan di Papua dan Papua Barat. Menurutnya, Indonesia tidak akan melibatkan negara lain dalam menyelesaikan persoalan yang terjadi di dalam negeri.

“Tidak ada minta tolong. Ini kondisi negara kita sendiri,” ujar Wiranto di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Selasa (3/9).

Wiranto menuturkan setiap negara harus menghormati teritorial negara lain. Sehingga, ia menilai ikut campur dalam urusan dalam negeri negara lain merupakan hal yang tidak dibenarkan.

Lebih lanjut, Wiranto membenarkan Indonesia menganut paham bebas aktif, yakni tidak memihak kekuatan-kekuatan negara lain. Akan tetapi, paham itu bukan berarti Indonesia memberi kesempatan negara lain mengurusi urusan dalam negeri Indonesia.

“Ini kan urusan kita, urusan rumah tangga kita,” ujarnya.

Adapun terkait dengan status Papua dan Papua Barat, Wiranto kembali menegaskan bahwa kedua daerah itu merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kedua provinsi itu, lanjut dia, sama dengan provinsi lain yang ada di Indonesia.

“Kita selesaikan sendiri. Papua-Papua Barat ini ada permasalahan, kita selesaikan sendiri. Jadi tidak benar (minta bantuan AS),” ujar Wiranto.

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan Indonesia ingin mendapat dukungan dari AS untuk menangani persoalan di Papua-Papua Barat. Bahkan, ia mengatakan AS telah sepakat membantu Indonesai dalam mempertahankan Papua.

Hal itu disampaikan usai menerima kedatangan Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk urusan Asia Timur dan Pasifik, David R. Stilwell di Kantor KSP, Jakarta, Senin (2/9).

“Yang sama-sama kami inginkan adalah kami juga ingin support Amerika atas kondisi yang terjadi di Papua. Dan Beliau sangat supprot tentang kedaulatan,” ujar Moeldoko.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.