Tuesday, 12 November 2019

Gus Nur Dituntut 2 Tahun Penjara dengan Perintah Ditahan

Gus Nur Dituntut 2 Tahun Penjara dengan Perintah Ditahan

Foto: Gus Nur dalam sambutannya pada Reuni Akbar Alumni 212 di Monas. Sabtu (2/12). (Bili/swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Setelah terkatung-katung lebih dari satu bulan lamanya, akhirnya pada Kamis (5/9) Jaksa Penuntut Umum membacakan Tuntutan untuk Terdakwa Sugi Nur Raharja alias Gus Nur. Jaksa, berkesimpulan Gus Nur terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam pasal 27 ayat (3) Jo. Pasal 45A ayat (3) UU No. 19 tahun 2016 tentang perubahan UU No. 11 tahun 2008 tentang ITE.

Atas keyakinan tersebut, Saudara Jaksa menuntut Gus Nur dengan tuntutan 2 (dua) tahun penjara dengan perintah agar ditahan. Memang sejak awal proses hukum bergulir Gus Nur tidak ditahan. Ancaman pidana 4 (empat) tahun penjara dalam pasal ini menjadikan penyidik dan penuntut umum termasuk hakim pengadilan tidak bisa melakukan penahanan, karena tidak memenuhi syarat objektif sebagaimana diatur dalam pasal 21 KUHAP.

Sejak awal advokasi penulis yakin tindakan Gus Nur tidak memenuhi unsur pidana sebagaimana dimaksud oleh jaksa dalam dakwaannya. Sebab, video unggahan yang telah diedit (dipotong) dan didistribusikan oleh anggota GUIB melalui forum Group Whasaapp (GWA), dan selanjutnya oleh Saksi Saudara Nurudin dikirim ulang je GWA PWNU Jatim, yang karenanya Saksi Pelapor Ma’rufsyah mengetahui ujaran video Gus Nur, mendownload dan melaporkannya ke Polda Jatim bukanlah konten video yang didistribusikan atau dikirim oleh Gus Nur.

Jika konsisten dengan konstruksi pasal 27 ayat (3) UU ITE, khususnya unsur _’yang mendistribusikan, mentransmisikan atau yang membuat dapat diaksesnya informasi elektronik’_ seharusnya yang diperkarakan adalah anggota GWA di GUIB dan selanjutnya saksi Nurudin yang mengirimkannya ke GWA PWNU Jatim, sehingga anggota GWA PWNU Jatim dapat mengakses konten video Gus Nur dan akhirnya merasa marah, termasuk saksi Pelapor Ma’rufsyah yang kemudian menjadikan konten video yang dikirim saksi Nurudin sebagai bukti laporan ke Polda Jatim.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.