Minggu, 12 Juli 2020

Gus Nur Dituntut 2 Tahun Penjara dengan Perintah Ditahan

Gus Nur Dituntut 2 Tahun Penjara dengan Perintah Ditahan

Foto: Gus Nur dalam sambutannya pada Reuni Akbar Alumni 212 di Monas. Sabtu (2/12). (Bili/swamedium)

Kenapa Gus Nur yang diperkarakan ? Bukankah, konstruksi pasal 27 ayat (3) UU ITE itu yang dipermasalahkan secara hukum adalah orang yang mendistribusikan konten, bukan terhadap pembuat konten informasi elektronik. Jika mau tertib hukum, seharusnya Saksi Nurudin yang menjadi Terdakwa atau setidaknya menjadi turut serta bersama anggota GWA di GUIB yang mengedarkan video tersebut, sehingga perbuatan dimaksud menyebabkan video diketahui kalangan NU khususnya yang terhimpun di GWA PWNU Jatim.

Secara subjektif, Gus Nur dan saksi fakta persidangan juga menjelaskan berulang kali bahwa konten unggahan video tidak ditujukan kepada NU tetapi kepada akun Facebook Generasi Muda NU. Lantas, atas dasar apa Pelapor mempersoalkan Gus Nur padahal pelapor bukan pemilik atau admin akun Facebook Generasi Muda NU ? Bukankah pasal 27 ayat (3) UU ITE adalah delik aduan yang merujuk genus delik pasal 310 KUHP, sehingga perkaranya baru bisa diproses jika diadukan oleh pihak yang merasa dirugikan.

Konten dimaksud telah diedit (dipotong) dari video asli yang berdurasi 28 menitan menjadi hanya 2 menitan. Akhirnya, substansi kritik Gus Nur terhadap akun Facebook generasi muda NU yang menuduh Gus Nur dan 20 ustad lainnya sebagai ustadz radikal dan Wahabi, tereduksi maknanya.

Mengedit atau memotong video tanpa izin pemilik yang menimbulkan akibat seolah-olah dianggap dokumen otentik, jelas melanggar ketentuan pasal 35 ITE. Ancaman pidana pasal ini 10 tahun penjara dan denda 10 miliar rupiah, sebagaimana diterangkan Ahli Dr. Taufik SH MH.

Dalam proses persidangan kami dari tim kuasa hukum Gus Nur telah mempermasalahkan otentitas bukti yang dihadirkan jaksa yang berasal dari video GWA PWNU Jatim. Video ini jelas tak terkait dan tak ada hubungannya dengan Gus Nur karena bukan dibuat dan didistribusikan oleh Gus Nur. Bahkan, konten video ini adalah video ilegal karena telah diedit (dipotong) dari konten video asli tanpa izin pemilik (Gus Nur).

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.