Friday, 20 September 2019

Mobil Esemka: Produksi Boyolali, Tampang Kok Mirip Cina?

Mobil Esemka: Produksi Boyolali, Tampang Kok Mirip Cina?

Jakarta, Swamedium.com — Dalam soal bajak membajak dan meniru produk, Cina memang dikenal sebagai jagoan. Semua produk dan merek terkenal di dunia, Cina bisa membuat tiruannya.

Namun kelakuan Cina kali ini sungguh keterlaluan. Mobil Esemka Bima 1.2 baru saja diresmikan presiden Jokowi, Jumat (6/9). Dalam hitungan jam “tiruannya” sudah dibuat oleh Cina.

Di media sosial, gambar mobil “tiruan” Esemka Bima 1.2 langsung beredar. Viraalllll.

Bentuknya sama persis. Hanya mereknya yang berbeda: Changan Star Truck.

Kalau Anda sempat memperhatikan, dijamin hanya akan bisa geleng-geleng kepala. Secara keseluruhan, tidak ada perbedaan sama sekali. Bentuk, desain, dan ukuran sama. Sekali lagi hanya merek alias emblemnya yang berbeda.

Jangan terlalu serius dulu dan buruk sangka. Dugaan “pembajakan” mobil Esemka itu hanya olok-olok di kalangan para pegiat medsos.

Harap dimaklumi kalau banyak yang sinis dengan peluncuran mobil Esemka. Publik telah terlalu lama menunggu mobil nasional yang dijanjikan oleh Presiden Jokowi. Sudah 7 tahun lebih!

Berkali-kali dijanjikan akan dirilis. Namun selalu urung dan tidak ketahuan juntrungannya.

(Sejak tahun 2012)

Mobil Esemka yang disebut-sebut sebagai embrio mobil nasional, pertamakali bikin heboh, saat Jokowi menjadi Walikota Solo (2012).

Awalnya merupakan karya para siswa Jurusan Otomotif Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Trucuk, Klaten, Jawa Tengah.

Para siswa SMK itu dibimbing oleh Sukiyat pemilik bengkel Kiat di Klaten.

Sebagai Walikota Solo, pada 2 Januari 2012 Jokowi menerima mobil Esemka. Mobil jenis Sport Utility Vihicle (SUV) kemudian diberi plat nomor AD 1 A. Sesuai dengan plat kendaraan dinas walikota.

Jokowi bahkan sampai rela mengandangkan mobil dinasnya yang lebih mewah, Toyota Camry.

Pages: 1 2 3

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)