Friday, 20 September 2019

4 Karya BJ Habibie yang Bikin Bangga Indonesia

4 Karya BJ Habibie yang Bikin Bangga Indonesia

Foto: Almarhum BJ Habibie saat hadir pada BJ Habibie Technology Award. (Merdeka.com)

 

Jakarta, Swamedium.com — Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie, salah satu tokoh Indonesia paling berpengaruh. Tak hanya di dalam negeri, BJ Habibie juga berpengaruh di dunia.

Kejeniusannya dalam menciptakan karya membuatnya dikenal hingga ke luar negeri. Hal ini tentu bikin bangga Indonesia karena memiliki tokoh yang diakui dunia. Berikut karya-karya BJ Habibie yang bikin bangga Indonesia:

Pesawat R80

BJ Habibie dikenal mahir dalam membuat pesawat. Banyak pesawat yang diciptakan oleh Habibie. Di antaranya ialah pesawat R80.

Pesawat ini dirancang dengan teknologi terbaru dan super canggih dengan tingkat keamanan yang tinggi bagi penumpang. Tak seperti pesawat pada umumnya, Pesawat R80 dilengkapi dengan teknologi fly by wire yang menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan perintah. fly by wire adalah sebuah sistem kendali yang menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan perintah.

Pesawat R80 dirancang oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI). PT Regio Aviasi Industri (RAI) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan manufaktur pesawat terbang. Perusahaan ini didirikan oleh BJ Habibie bersama putra sulungnya Ilham Akbar Habibie.

Perusahaan ini khusus mengembangkan pesawat R80 yang merupakan lanjutan dari pesawat N250 yang juga hasil ciptaan Habibie. Pesawat buatan Habibie direncanakan akan diterbangkan pertama kali di Bandar Udara Internasional Kertajati, Jawa Barat, yang masih dalam tahap pembangunan.

Pesawat N-250

Kemudian, karya BJ Habibie lainnya ialah Pesawat N-250. Pesawat N-250 merupakan pesawat penumpang sipil (airliner) regional komuter turboprop rancangan asli IPTN (Sekarang PT Dirgantara Indonesia, PT DI, Indonesian Aerospace), Indonesia. Menggunakan kode N yang berarti Nusantara menunjukkan bahwa desain, produksi dan perhitungannya dikerjakan di Indonesia atau bahkan Nurtanio, yang merupakan pendiri dan perintis industri penerbangan di Indonesia. Pesawat ini adalah ide dari Habibie.

Pages: 1 2

Related posts

Comments on swamedium (0)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Comments from Facebook (0)