Kamis, 24 September 2020

Istana Presiden Sudah Ada di Papua, Kenapa Pemerintah Bangun Lagi?

Istana Presiden Sudah Ada di Papua, Kenapa Pemerintah Bangun Lagi?

Setelah itu, Jokowi pun memastikan permintaan untuk membangun Istana di Jayapura dapat dipenuhi.

“Ini saya bisik-bisik dulu dengan para menteri supaya keputusannya tidak keliru. Nanti saya ngomong iya, duitnya enggak ada. Ya jadi mulai tahun depan Istana dibangun,” kata Jokowi disambut tepuk tangan para tokoh Papua yang hadir.

Di Papua sudah ada Istana Presiden

Dari penelusuran, diketahui di Bumi Cendrawasih sudah berdiri bangunan Gedung Negara Jayapura atau Istana Kepresidenan di Jayapura, Papua.

Dilansir majalahkartini.co.id, pada 21 November 2018, Istana Kepresidenan di Jayapura itu sudah siap pakai sejak lama.

Foto: Gedung Negara atau Istana Kepresidenan di Jayapura, Papua.

Sepintas bangunan ini mirip Gedung Putih atau “White House” di Amerika Serikat, tetapi atribut dan sentuhan Papua kembali mengingatkan bahwa Istana Kepresidenan ini berada di Bumi Cendrawasi, Indonesia. Gedung Negara ini didesain dengan mengambil model atap rumah Honai pada bagian kubahnya. Honai merupakan rumah tradisional suku asli di Papua. Sebanyak lima buah kubah menghiasi bagian atas bangunan. Selain itu hiasan dan ukiran di dalam gedung mencerminkan lima wilayah adat di Papua, seperti Asmat dan Sentani. Setiap tiang dan pilar di dalam gedung didesain dengan bentuk tifa yang merupakan alat musik khas Papua.

Asisten Bidang Umum Sekda Papua Elysa Auri menambahkan pada kantor kepresidenan tersebut, telah disiapkan tempat sesuai standar rumah peristirahatan kepala negara maupun sistem keamanan lainnya. Sebut saja 50 kamera pengintai. Selain kantor presiden, kompleks gedung ini juga memiliki aula, kediaman gubernur papua, kantor staf khusus gubernur, hingga helipad. Fasilitas yang melengkapinya adalah taman, air mancur, kolam renang, dan tempat olah raga.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.