Friday, 18 October 2019

Anies: Jakarta hari ini adalah Jakarta yang Dibangun dari Kampung-kampung

Anies: Jakarta hari ini adalah Jakarta yang Dibangun dari Kampung-kampung

Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan apresiasi penyelenggaraan "Jakarta Urban Kampung Conference 2019".

Jakarta, Swamedium.com — Pemprov DKI Jakarta menyambut baik Rujak Center for Urban Studies dan Kyoto Universityyang menyelenggarakan Jakarta Urban Kampung Conference. Melibatkan warga kampung di Jakarta, aktivis, dan pemerhati kampung, juga para pakar dari berbagai wilayah di dunia.

Mereka bersama jajaran Pemprov DKI melakukan Field School ke kampung selama beberapa hari. Ini bagian dari urban regeneration, peremajaan kembali kawasan perkampungan untuk menjadi pemukiman yang sehat dan lebih layak untuk semuanya. Kegiatan ini juga memperkaya pandangan dan praktek, serta inovasi dari kampung (pemukiman swadaya) seperti di kota-kota Jepang dan Taiwan.

“Melalui kegiatan ini kita berharap agar kampung-kampung di Jakarta menjadi kampung yang lebih layak huni. Proses menuju ke sana harus dikerjakan secara sistemik, sehingga bisa tuntas. Kepada jajaran Pemprov DKI gunakan kesempatan baik ini, kita kolaborasi, dan bertukar pengalaman positif,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Jakarta Urban Kampung Conference 2019 yang mengangkat tema “Reviving Urban Commons” ini merupakan rangkaian acara International Field School II on Kampung Akuarium, dan merupakan hasil kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dengan Rujak Center for Urban Studies dan Kyoto University, termasuk pelaksanaan kunjungan lapangan ke-6 Kota di Jepang pada bulan Maret 2019 lalu dengan perwakilan dari warga 3 kampung

Kemudian, kegiatan Field School sendiri dilaksanakan pada tanggal 17 sampai dengan 21 September 2019 di Penjaringan, Kampung Akuarium, dan Museum Bahari. Sedangkan Pameran “Ini Kampung: Edisi Kampung Akuarium” akan digelar pada tanggal 21 September – 31 Oktober 2019 di Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.