Tuesday, 21 January 2020

Bayi yang Belum Diberi Nama Meninggal, Terpapar Asap Karhutla di Riau

Bayi yang Belum Diberi Nama Meninggal, Terpapar Asap Karhutla di Riau

Foto: Bayi yang belum diberi nama ini harus meninggal lantaran terpapar asap karhutla.

Pekanbaru, Swamedium.com — Seorang bayi laki-laki yang baru berusia tiga hari, meninggal dunia diduga terpapar asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Riau. Bayi yang lahir dari pasangan Evar Warisman Zendrato dan Lasmayani Zega tersebut sempat mengalami sesak nafas dan demam tinggi sebelum menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (18/9) malam.

Bayi dari pasangan suami istri, warga jalan lintas timur Km.17 RT 02 RW04, Kelurahan Kulim, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru tersebut merupakan anak pertama mereka.

Dikatakan Evar Warisman, anak mereka lahir pada Senin (16/9) sore sekitar pukul 16.50 WIB di salah satu klinik di jalan lintas timur. Dan pada saat itu kondisi bayi dalam keadaan sehat dan begitu juga dengan ibu bayi.

Keesokan harinya, pada Selasa pagi mereka pulang ke rumah dari klinik. Pada saat itu kondisi bayi masih baik dan sehat.

“Kondisi bayi mulai berubah pada Selasa malam. Mulai batuk -batuk dan pilek,” kata Evar ayah bayi, Kamis (19/9/2019).

Ia mengatakan, bayinya batuk dan flu disertai dengan suhu badan yang panas. Selain itu sesekali terlihat bayi kesulitan bernafas, tampak sesak nafas.

Pada keesokan harinya Rabu pagi, Eva meminta bidan di klinik di mana istrinya melahirkan, untuk datang ke rumah mengecek kondisi dan kesehatan bayi.

Dari pemeriksaan bidan tersebut, suhu badan bayi cukup tinggi, mencapai 40 derajat celcius. Dan diberikan obat penurun demam dan obat batuk, flu, dan obat lainnya. Usai diberikan obat kondisi bayi kembali membaik dan pulih.

“Kondisi bayi kembali memburuk malam harinya. Saat saya makan, kata istri saya ‘adek keliatan pucat, Bang. Dan mulai menghitam,” tutur evan menjelaskan kronologis kejadiannya sambil menahan isak di hadapan jasad bayinya.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.