Thursday, 17 October 2019

Jokowi Minta DPR Tunda Pengesahan RKHUP, Mahasiswa Bertekad Tetap Turun ke Jalan

Jokowi Minta DPR Tunda Pengesahan RKHUP, Mahasiswa Bertekad Tetap Turun ke Jalan

Foto: Ribuan Mahasiswa menggelar aksi menolak RUU KUHP dan UU KPK yang baru di deoan gerbang pintu gedung DPR/MPR, Jakarta, Kamis, 19 September 2019.

Jakarta, Swamedium.com — Besarnya desakan masyarakat khususnya mahasiswa agar DPR RI membatalkan pengesahan sejumlah revisi undang-undang bermasalah, termasuk RUU KUHP, membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta DPR untuk menunda pengesahan RUU KUHP. Hal itu disampaikan Jokowi di Istana Bogor, Jumat (20/9) kemarin.

“Saya telah memerintahkan Menteri Hukum dan HAM selaku wakil pemerintah untuk menyampaikan sikap ini pada DPR RI, yaitu agar pengesahan RUU KUHP ditunda. Dan pengesahannya tidak dilakukan DPR periode ini,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor.

Sikap Mahasiswa

Meskipun Jokowi telah meminta pengesahan revisi UU KUHP ditunda, mahasiswa tak mau mundur. Mereka tetap berencana menggelar demonstrasi karena revisi UU KUHP hanya satu dari sekian isu yang mereka usung.

“Kami tetap lanjut, karena selain RKUHP ada isu lainnya seperti (RUU) Pertanahan, Pemasyarakatan dan terutama UU KPK yang sudah disahkan,” kata Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti, Dino Ardiansyah.

Dino menyatakan bahwa mereka tak akan percaya begitu saja terhadap pernyataan Jokowi. Mereka khawatir pernyataan Jokowi hanya trik agar mahasiswa tak turun ke jalan.

“Kalau nanti kami tidak turun (ke jalan) karena merasa sudah pasti enggak bakal disahkan, tapi tetap disahkan, digocek begitu kan,” kata dia.

Untuk revisi UU KPK, 18 mahasiswa dari Universitas Indonesia, Universitas Kristen Jakarta, Universitas Padjajaran dan Universitas Atmajaya telah mengajukan gugatan judicial review ke Mahkamah Konstitusi pada Rabu lalu, 18 September 2019. Mereka menilai revisi UU KPK cacat secara formil maupun materiil.

“Kami melihat ada masalah dalam pembentukan UU KPK yang baru,” kata kuasa pemohon, Zico Leonard Djagardo Sumanjuntak yang merupakan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.