Sabtu, 17 Oktober 2020

Mirip Bendera Jerman, Ini Arti ‘Marawa Minang’

Mirip Bendera Jerman, Ini Arti ‘Marawa Minang’

Jakarta, Swamedium.com — Sebenarnya hal ini udah lama saya sadari, namun baru kali ini naluri menulis saya tergelitik untuk berbagi. Hal ini bermula ketika sehari sebelum perayaan HUT RI 17 Agustus. Karena libur dan tidak ada kesibukan akhirnya saya putuskan untuk keliling kota tempat saya tinggal (Bukittinggi) dengan sepeda motor saya.

Sepanjang perjalanan di setiap kantor Pemerintahan ataupun swasta, sekolah-sekolah, dan tempat-tempat strategis lainnya di hiasi dengan Marawa. Marawa merupakan sejenis umbul-umbul di Sumatera Barat (Minangkabau) yang digunakan untuk menyemarakan acara pernikahan orang Minang atau acara-acara penting lainnya.

Nah, saya merasa semakin memiliki kewajiban menjelaskan tentang Marawa karena kehebohan status yang saya tulis di salah satu situs jejaring sosial yang popular saat ini (facebook). Waktu itu saya menuliskan “menjelang peringatan HUT RI ke 65 di Sumatera Barat selain dikibarkan bendera Merah-Putih juga banyak dikibarkan bendera Jerman (hitam-merah-kuning). Dan selanjutnya saya membuat status seolah-olah saya merasakan euphoria HUT RI ke 65 dari negeri Panzer Jerman.

Hal ini sontak membuat para fans dan teman-teman saya di FB heboh karena ke Jerman gak bilang-bilang (hahaha,,korban nih). Jadilah malam itu saya mengikuti aja apa yang mereka katakan. Padahal komentar-komentar di FB saya udah pada gak jelas tuh tapi masih banyak aja yang kaget dengan kepergian saya ke Jerman..hahaha

Akhirnya saya memutuskan menuliskan tentang Marawa ini dengan modal kembali membuka buku pelajaran muatan local waktu saya SD dan SMP. Saat itu nama mata pelajarannya Budaya Alam Minangkabau. Dan dari beberapa sumber blog lainnya.

Baiklah, mari kita lihat gambar di bawah ini: ini lah yang di sebut Marawa

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.