Monday, 11 November 2019

Bersepeda dengan Anies Baswedan

Bersepeda dengan Anies Baswedan

Jakarta, Swamedium.com — Rabu, 9 Oktober 2019 lalu, Anies Baswedan menjapri saya via WA, “Chief, masih kuat bersepeda?”. Tentu saya kuat, jawabku. Karena saya 1,5 tahun bermukim di Belanda menggunakan sepeda sebagai alat transportasi utama. Di Indonesia, ketika tinggal di tebet, saya juga pernah mencoba menggunakan sepeda sebagai alat transportasi selama lebih setahun lebih.

Anies mengajak saya sore itu bersepeda dalam kunjungan kerjanya ke RPRTA (Ruang Publik Ramah Terhadap Anak) di daerah Tanah Tinggi. Start dari Balaikota.

Sebelum berangkat, saya memperhatikan sepeda Anies yang berbeda dengan sepuluhan sepeda lainnya, yang akan digunakan stafnya, termasuk Walikota Jakarta Pusat. Sepeda Anies khas sepeda transportasi, sedangkan lainnya sepeda sport.

Sepeda itu menurut stafnya adalah sepeda yang digunakan Anies ketika kuliah di Maryland University, Amerika Serikat. Saya langsung berpikir bahwa penggunaan sepeda jenis ini menunjukkan bahwa Anies dan sepedanya bukanlah “fettism” alias gaya gayaan. Sepeda yang digunakan Anies itu seperti sepeda di Belanda, untuk lelaki biasanya ada palang antara tempat duduk ke arah stang nya.

Pantas saja agenda Anies untuk membangun 17 jalur sepeda di Jakarta, seperti tulisan saya sebelumnya, dihayati benar oleh Anies sebagai agenda besar.

Sebelum berangkat, Anies melalui layar hp nya, menjelaskan pada saya dan Dr. Ahmad Yani, SH, senior Anies di HMI MPO, serta, Ir. Hendri Harmen, eks Ketua Alumni ITB – Jakarta, pilihan2 sepeda yang akan di produksi rekanan pemda secara massal. Sepeda itu mempunyai berbagai model yang disesuaikan dengan kebutuhan, a. l. kantor, belanja, bawa anak, dll. Menurutnya, tahun 2020 sepeda ini akan disebarkan di Jakarta.

Rute bersepeda dengan Anies, sore itu, dari Balaikota melewati jl. Sabang, Kebon Sirih, Perapatan Senen, Kramat Raya, Sentiong, menyusuri Kali item Sentiong, lalu ketemu RPRTA.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.