Kamis, 24 September 2020

IDEAS: Puluhan Juta Hektar Lahan Dikuasai ‘Kapital Raksasa’

IDEAS: Puluhan Juta Hektar Lahan Dikuasai ‘Kapital Raksasa’

IDEAS mengidentifikasi kini setidaknya terdapat 168 investor besar, baik swasta maupun negara, yang melakukan akuisisi lahan skala besar diatas 100 ribu hektar di sektor pertambangan, kehutanan dan perkebunan sawit yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

“Reforma agraria memiliki tujuan utama untuk menurunkan kemiskinan dengan meningkatkan kepemilikan lahan bagi rakyat miskin. Tanah adalah aset produktif utama bagi rakyat miskin. Ketiadaan lahan membatasi masyarakat miskin untuk mendapatkan penghasilan dari tanah termasuk usaha pertanian. Minimnya lapangan kerja tersebut membuat masyarakat miskin semakin sulit lepas dari jerat kemiskinan. Sehingga reforma agraria menjadi kebutuhan yang mendesak saat ini demi terciptanya kesejahteraan rakyat.”, Kata Firda Amalia seraya menutup sesi pemaparanya.

Indonesia Development and Islamic Studies (Ideas) adalah Lembaga think tank tentang pembangunan nasional dan kebijakan publik berbasis ke-Indonesia-an dan ke-Islam-an yang didirikan dan bernaung dibawah Yayasan Dompet Dhuafa.
Alamat: Jl. Legoso Raya No.70, Pisangan, Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.