Sabtu, 04 Juli 2020

PAN Makin Mantap Jadi Oposisi

PAN Makin Mantap Jadi Oposisi

Ilustrasi.

Jakarta, Swamedium.com — Anggota Fraksi PAN DPR RI Daeng Muhammad menegaskan, Partai Amanat Nasional (PAN) memantapkan diri sebagai oposisi terhadap pemerintahan Presiden Jokowi.

Sikap tersebut diambil sebagai check and balance dan menjalankan fungsi kontrol bagi penyelenggara negara.

“PAN mengambil sikap oposisi sebagai penyeimbang berjalannya pemerintahan agar tetap berdaulat dan mensejahterakan rakyatnya,” kata anggota DPR yang mewakili Kabupaten Bekasi, Karawang dan Purwakarta ini, Senin (14/10).

Menurut Daeng, meski oposisi sering dilabeli dengan stigma negatif sebagai lawan pemerintah, tapi minimnya partai yang berminat jadi oposisi dikhawatirkan bisa berakibat tidak baik bagi pemerintahan Jokowi dan tak baik pula bagi demokrasi.

“Oposisi memang sering dilabeli dengan stigma negatif, seperti melawan pemerintah, makanya sepi peminat bahkan cenderung dihindari dan tidak berkembang dengan baik. Karenanya PAN tetap konsisten sebagai opisisi demi terjaganya iklim demokrasi di negeri ini,” ungkapnya.

Ditambahkannya, sepinya partai yang berminat menjadi opisisi juga berpotensi negara menjadi otoriter.

“Ketika semua partai ingin bergabung di pemerintahan, lantas siapa yang mengawasi dan menjalankan fungsi kontrol bagi penyelenggara negara. Oposisi tetap diperlukan di negara manapun yang menganut sistem demokrasi,” ucapnya.

Satu hal yang juga penting, kata Daeng, kenapa PAN mengambil sikap oposisi adalah sebagai wujud ikatan moral, konsistensi pemenuhan janji kepada para pemilih PAN yang sudah berjuang dan bekerja keras dalam Pilpres dan Pemilu Legislatif 2019 yang lalu.

Sumber: Rmoljabar

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.