Friday, 22 November 2019

Kesan Wartawan Senior Usai Menghadiri ‘2 Tahun Kepemimpinan Anies Baswedan’

Kesan Wartawan Senior Usai Menghadiri ‘2 Tahun Kepemimpinan Anies Baswedan’

Jakarta, Swamedium.com — Sohib saya Syahganda Nainggolan mengingatkan berkali2 agar bisa hadir di acara diskusi publik “evaluasi 2 tahun Anies Baswedan (AB) sbg Gub DKI”. Bukan hanya para aktivis yg datang ke acara tsb, tapi jga hadir berbagai elemen masy dan pemerhati Ibukota Jakarta termasuk Babeh Ridwan Saidi. Juga dtg Joko Edy, mantan Menhut dan eks Walkot Depok Nur Mahmudi Ismail, Ahmad Yani, Jumhur Hidayat alias Denci dan para aktivis lainnya.

Sebelum diskusi dimulai AB menyebutkan bahwa teman debat yg baik adalah sesama temen berpikir. Ibarat main bulu tangkis, ga bisa main sendirian. Harus punya sparing partner yg seimbang. “Kalau kita dismesh oleh lawan main, itu hal yg biasa asal kita bisa mengembalikan bola dg cantik,” kata AB memberi ilustrasi.

Dengan analogi itu, AB secara tdk langsung menyatakan pihaknya sengaja memilih para mantan aktivis mahasiswa sbg sparing partner utk bisa memberikan masukan serta kritik thd dirinya dan Pemda DKI.

Mindset dan pola kerja AB :

Ide/gagasan – narasi – karya

Itu semua tidak dikerjakan sendiri oleh Pemda DKI, tetapi melibatkan seluruh elemen warga Jkt. “Kita tidak bekerja sendirian, tetapi mengajak semua pihak terlibat. Pemda DKI melakukan Kolaborasi atau gotong royong dg elemen masy DKI” kata AB.

Dalam kesempatan itu banyak hal yg diceritakan AB. Setiap karya atau pembangunan atau penataan tempat2 umum di Jkt, senantiasa dilandasi ide dan narasi yg jelas serta dilandasi back ground filosofinya. Jadi tidak asal bangun-bangun saja. (*)

*Penulis: Tjahja Gunawan (Wartawan Senior)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.