Monday, 09 December 2019

Polisi Kendari Tidak Dipidana, Keluarga Randi: Keadilan Sudah Mati

Polisi Kendari Tidak Dipidana, Keluarga Randi: Keadilan Sudah Mati

Foto: Luka tembak di dada yang dialami Muhammad Randi, mahasiswa Kendari yang juga kader IMM.

Kendari, Swamedium.com — Keluarga Immawan Randi, mahasiswa yang meninggal saat demo buka suara terkait enam anggota Polres Kendari yang divonis ringan.

Keenam polisi itu dinilai bersalah karena membawa senjata api dalam pengamanan unjuk rasa #ReformasiDikorupsi di sekitar gedung Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Tenggara. Satu perwira polisi atas nama AKP DK, serta lima orang anggota, yakni: Bripka MAP, Brigadir AM, Bripka MI, Briptu H, dan Bripda FS, dihukum usai menjalani sidang yang digelar oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sulawesi Tenggara.

Demonstrasi pada 26 September 2019 itu berujung ricuh dan dua mahasiswa Universitas Halu Oleo, yaitu Immawan Randi (21 tahun) dan Muhammad Yusuf Kardawi (19) meninggal. Kedua mahasiswa peserta demonstrasi itu diduga ditembak saat aksi berlangsung.

“Saat ini sudah diputuskan, keenam anggota tersebut dinyatakan bersalah karena melanggar aturan disiplin. Secara keseluruhan diberikan hukuman disiplin,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra, di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2019).

Hukuman untuk enam anggota Polres Kendari itu berupa: teguran lisan, penundaan satu tahun kenaikan pangkat, dan dikurung selama 21 hari. Namun, hasil vonis tersebut menimbulkan polemik dan dikritik sejumlah pihak yang terlibat dalam penuntasan perkara kematian dua mahasiswa itu. Risal Ode Sue (32), sepupu Randi, misalnya. Ia mengaku kecewa dengan vonis itu.

“Sangat kecewa dengan hukuman yang diberikan kepada enam polisi. Kami rasa keadilan sudah mati di negeri ini,” kata Risal ketika dihubungi reporter Tirto, Selasa (29/10/2019).

Risal kecewa lantaran tuntutan keluarga korban tidak terpenuhi, yaitu pelaku dipenjara. Dalam sidang etik kepolisian, Risal mengaku, dirinya maupun pihak keluarga korban lain juga tidak diikutsertakan.

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.