Rabu, 12 Agustus 2020

Adakah Manusia yang Mampu Menandingi Kedudukan Nabi Muhammad SAW?

Adakah Manusia yang Mampu Menandingi Kedudukan Nabi Muhammad SAW?

Foto: Makam Rasulullah Muhammad SAW.

Dari Anas, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menjelaskan tentang Al-Kautsar,

فَإِنَّهُ نَهْرٌ وَعَدَنِيهِ رَبِّى عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْهِ خَيْرٌ كَثِيرٌ هُوَ حَوْضٌ تَرِدُ عَلَيْهِ أُمَّتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ آنِيَتُهُ عَدَدُ النُّجُومِ

“Al-Kautsar adalah sungai yang dijanjikan oleh Rabbku Azza wa Jalla. Sungai tersebut memiliki kebaikan yang banyak. Ia adalah telaga yang nanti akan didatangi oleh umatku pada hari kiamat nanti. Bejana di telaga tersebut sejumlah bintang di langit” (HR. Muslim).

Adakah manusia yang mampu menandingi kedudukan nabi Muhammad? Sedangkan beliau memiliki 5 kekhususan yang tidak dimiliki oleh seorangpun sebelum beliau.

Dari Jabir bin Abdullah, bahwa nabi bersabda, ‘Aku diberi (oleh Allah) lima perkara, yang itu semua tidak diberikan kepada seorang-pun sebelumku. Aku ditolong (oleh Allah) dengan kegentaran (musuh sebelum kedatanganku) sejauh perjalanan sebulan; Bumi (tanah) dijadikan untukku sebagai masjid (tempat sholat) dan alat bersuci (untuk tayammum). Maka siapa saja dari umatku yang (waktu) sholat menemuinya, hendaklah dia sholat. Ghonimah (harta rampasan perang) dihalalkan untukku, dan itu tidaklah halal untuk seorangpun sebelumku. Aku diberi syafa’at (oleh Allah). Dan Nabi-Nabi dahulu (sebelum-ku) diutus khusus kepada kaumnya, dan aku diutus kepada manusia semuanya’” (HR. Bukhori).

Dan masih ada banyak keutamaan dan ketinggian kedudukan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam berdasarkan argumen dari Al-Quran, Al-Hadits, dan Ijmak (kesepakatan) para ulama serta umat manusia di muka bumi ini. Sungguh sebuah kebodohan yang nyata, apabila ada seseorang yang membanding-bandingkan kedudukan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam dengan seseorang di muka bumi ini yang hidup di zaman sesudah beliau shallallahu alaihi wasallam, apapun itu profesinya, jabatannya dan jasanya. Semoga Allah senantiasa membimbing kita di atas Agama yang lurus dan mulia ini yaitu Islam. (*)

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.