Friday, 06 December 2019

Martuani Sormin Dinilai Pantas Isi Posisi Kabareskrim

Martuani Sormin Dinilai Pantas Isi Posisi Kabareskrim

Jakarta, Swamedium.com – Dua minggu Sudah Jenderal Pol Idham Aziz menjadi pucuk Pimpinan Polri. Namun hingga saat ini dirinya belum menunjuk sosok Kabareskrim yang baru usai jabatan tersebut ditanggalkannya.

Kabar yang beredar terdapat empat nama masuk bursa calon Kabareskrim. Mereka adalah Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Irjen Listyo Sigit Prabowo, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono, Deputi Operasi Polri Irjen Martuani Sormin Siregar, dan Kapolda Sumatera Utara Irjen Agus Andrianto. Dua nama yang disebut pertama, yakni Irjen Listyo dan Irjen Gatot, kabarnya merupakan calon kuat.

Namun ahli hukum pidana Universitas Al-Azhar, Suparji Achmad, menilai dari keempat nama tersebu yang paling layak menjadi Kabareskrim yakni Irjen Martuani Sormin Siregar.

“Saya berpendapat bahwa yang paling berpotensi adalah Martuani Sormin karena yang bersangkutan senioritasnya cukup memenuhi syarat, juga memiliki pengalaman yang sangat mumpuni dalam penegakkan hukum, penguasaan soal reskrim dan penguasaan daerah,” ujar Suparji Achmad saat dihubungi di Jakarta, Senin (18/11).

Pada sisi yang lain, Martuani Sormin memiliki prestasi cukup meyakinkan untuk menjadi Kabareskrim, sehingga ke depan akan ada harapan baru dengan nuansa baru dalam proses penindakan dan penegakkan hukum, yakni akan lebih profesional, modern dan terpercaya, sehingga akan melahirkan dan meningkatkan prestasi-prestasi yang telah dilakukan pimpinan-pimpinan sebelumnya.

“Kita berharap bahwa dalam situasi yang kompleks seperti saat ini, dimana perkara-perkara semakin banyak dan variatif sehingga memerlukan kecerdasan dan kecermatan yang tinggi, maka Kapolri diharapkan segera mengisi jabatan Kabareskrim kepada orang yang tepat dan cermat, sehingga dapat membantu secara profesional tugas Kapolri dalam rangka hadir sebagai alat Negara yang berfikir secara obyektif, independen konstruktif demi kepentingan bangsa dan Negara,” katanya.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.