Sunday, 15 December 2019

Sang Mutiara Itu (1)

Sang Mutiara Itu (1)

Foto: Imam Shamsi Ali menjadikan Islamic Cultural Center (ICC), masjid terbesar di New York, Amerika Serikat, sebagai tempatnya berdakwah.

New York, Swamedium.com — Dalam dua minggu terakhir saya keliling ke berbagai masjid dan Islamic Center di kota New York AS untuk ceramah atau jadi nara sumber dalam ragam acara peringatan lahirnya baginda Rasuliullah Muhammad SAW. Sejak dua pekan lalu juga sebenarnya saya ingin menuangkan catatan-catatan saya itu dalam tulisan sederhana.

Waktu jugalah yang membatasi sehingga tulisan itu belum pernah jadi. Tiba-tiba saja beberapa hari lalu ada potongan video yang cukup menggelitik. Bahkan lebih tepatnya menggerahkan dan memancing emosi kemanusiaan. Video itu menampilkan sosok wanita tua alias nenek yang dengan berapi-api membandingkan “peranan” bahkan kehormatan dan kemuliaan seorang pemimpin sebuah negara dan baginda Rasulullah SAW.

Sejujurnya saya tidak tertarik menanggapi wanita tua itu. Namanya juga wanita tua. Boleh jadi sudah pikun. Atau juga memang pemikirannya yang sudah kadaluarsa alias ketinggalan Zaman.

Bahkan saya sesungguhnya malas menanggapi pernyataannya karena dari cara bicara orang tergambar level pemikirannya. Dan nampaknya memang tingkatan pemikiran sang wanita tua itu sangat rendah. Entah karena latar belakang pendidikannya yang juga sangat rendah. Atau memang akalnya yang pas-pasan.

Sikap awal saya itu juga didasari oleh arahan Al-Quran: “dan hamba-hamba Yang Maha Rahman adalah mereka yang berjalan di atas bumi ini dengan rendah hati. Dan jika orang-orang jahil barbicara kepada mereka (dengan kejahilan) mereka respon dengan salama (kedamaian).”

Salah satu cara merespon dengan “kedamaian” (salaama) adalah dengan mendiamkan diri dari hiruk pikuk kebodohan orang lain. Jelas membandingkan Muhammad SAW dengan seorang pemimpin sebuah bangsa adalah kebodohan yang nyata. Maka melayani kebodohan seperti itu seolah menjatuhkan diri ke dalam kebodohan yang sama.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.