Sunday, 08 December 2019

Serikat Tani Islam Indonesia Canangkan ‘1 Kabupaten 100 Hektar Padi’

Serikat Tani Islam Indonesia Canangkan ‘1 Kabupaten 100 Hektar Padi’

Sekretaris Jenderal Serikat Tani Islam Indonesia (STII), Fathurrahman Mahfudz

Bogor, Swamedium.com — Serikat Tani Islam Indonesia (STII) kembali menggelar hajat lima tahunan. Kegiatan Muktamar kelima ini akan berlangsung pada Sabtu – Ahad, 23 – 24 November 2019 di Pesantren Darul Fallah, Bogor, Jawa Barat.

Sekretaris Jenderal STII, Fathurrahman Mahfudz menuturkan, pemilihan lokasi ini dikarenakan Pesantren Darul Fallah merupakan salah satu penggagas lahirnya STII. Pesantren yang diinisiasi oleh KH Soleh Iskandar, Mohammad Natsir dan mantan Menteri Pertanian Mohammad Sarjan ini menjadi Pesantren terintegrasi yang memadukan antara materi keislaman dan budidaya pangan.

“Kita ingin mengembalikan spirit teman-teman supaya memberikan komitmen yang penuh dan menyeluruh terhadap dunia pertanian,” kata Fathurrahman dalam keterangannya, Sabtu (23/11).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, generasi muda STII perlu melihat kembali kerja para pendahulu yang telah terbukti dalam mengembangkan pesantren pertanian. “Kiai Soleh Iskandar adalah mantan ketua umum STII dua periode dari tahun 1952 sampai 1970 dan pengurus Masyumi,” ujarnya.

Kandidat kuat Ketua Umum STII ini menjelaskan, merujuk pada tema Muktamar ‘Kedaulatan Pangan Menuju Petani Sejahtera’, STII ingin membuat gerakan pangan nasional yang selaras dengan program Majelis Ulama Indonesia (MUI). Mempertahankan kedaulatan pangan merupakan suatu kewajiban.

“Maka, nanti di antara program Muktamar, hari Ahad kita ada pelatihan pangan dengan mikroba google untuk meningkatkan kualitas pangan,” katanya.

Rencananya, Ketua Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN), Soetrisno Bachir akan membuka kegiatan Muktamar STII kelima ini. Dalam dua hari ke depan, akan dilakukan berbagai sidang pleno hingga pemilihan umum dan diakhiri dengan pelatihan teknologi pangan serta penandatangan kerjasama dengan PT OASE yang disaksikan oleh Bank BRI, Bulog dan Asuransi Jasindo.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.