Monday, 20 January 2020

Tak Miliki Legal Standing, Maria Magdalena Nekat Praperadilan Dit-Tipidum Polri

Tak Miliki Legal Standing, Maria Magdalena Nekat Praperadilan Dit-Tipidum Polri

Jakarta, Swamedium.com – Gugatan praperadilan dilayangkan Maria Magdalena Andriati Hartono ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, terhadap Direktorat Tindak Pidana Umum (Dit Tipidum) Bareskrim Polri. Praperadilan dilakukan terhadap keputusan dikeluarkannya surat penghentian penyidikan perkara (SP3) oleh Dit Tipidum, dalam kasus keterangan palsu yang dilaporkan Maria.

Terlapor dalam kasus bernomor: LP/449/VIII/2008/SIAGA Tanggal 8 Agustus 2008 itu, antara lain Lim Kwang Yauw, Inarty Wirawardhana, Kustiadi Wirawardhana (Kim Tan), dan Sutjiadi Wirawardhana (Tian Sin).

Para terlapor ialah kakak dan adik dari almarhum Denianto Wirawardhana, ayah dari dua anak Maria. Kendati pernah tinggal serumah, Denianto dan Magdalena disebut tak terikat secara perkawinan.

Kuasa hukum Lim Kwang Yauw dan kakak-adik Denianto lainnya, C Suhadi, menilai gugatan praperadilan bernomor perkara No. 136/Pid.Pra/2019/PN.Jkt.Sel itu tak berdasar. Sebab, menurutnya Maria tak memiliki legal standing atau hak kedudukan hukum, baik sebagai Pelapor maupun mengajukan Praperadilan.

“Maria dalam laporannya mengklaim sebagai istri sah almarhum Dr. Denianto, dan atas pengakuannya sudah kami telusuri ternyata perkawinannya di Jerman tidak benar, ini sesuai keterangan dari pemerintah Jerman ,” ujar Suhadi, Jumat (28/11).

“Sehingga dengan pengakuan yang tidak benar para Ahli Waris mengajukan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Jakut, untuk dinyatakan bahwa Para Klien kami sebagai Ahli Waris dan aset peninggalan Alm. Dr. Denianto menjadi milik klien kami. Selain itu juga meminta pengadilan agar Maria bukan Isteri Sah, juga anak-anaknya dan klien kami menang sampai di tingkat PK. Di dalam putusan PK, mengatakan bahwa, ahli waris dari Dr. Deni adalah saudara-saudaranya, kakak-adiknya, serta menyatakan Maria bukan Isteri dari Alm. Dr. Denianto,” imbuh Suhadi dalam keterangannya.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.