Jumat, 07 Agustus 2020

World Halal Summit 2019, Lima Pesantren Indonesia Raih Banyak Komitmen Bisnis

World Halal Summit 2019, Lima Pesantren Indonesia Raih Banyak Komitmen Bisnis

Jakarta, Swamedium.com —  Pada ajang World Halal Summit 2019 di Istanbul, Turki, lima pesantren berhasil mendapatkan banyak komitmen bisnis. Para calon pembeli tertarik dengan produk pertanian, fesyen, maupun jasa wisata halal.

Koperasi Pondok Pesantren (Koppontren) Al Ittifaq, Bogor, Jawa Barat, berhasil menggaet perusahaan-perusahaan untuk mengikat komitmen bisnis antara lain dengan Vizyon Team yang memerlukan buah-buahan, sayuran, jahe, dan lengkuas. Sementara Eruope Vital akan membeli jahe, lengkuas dan kayu manis. African Tide membutuhkan kunyit dan jahe. Empire Qatar meminta kopi. Perusahaan-perusahaan Turki membutuhkan sayuran dan tanaman obat.

Dalam kesempatan ini, perusahaan konsultan IT dunia Archytas Blockchain Consultancy, juga tertarik dengan keunikan pesantren Indonesia. Mereka mendorong pesantren peserta program One Pesantren One Product (OPOP) untuk bertransformasi digital dengan menggunakan metode blockchain.

“Nah kami terpacu untuk mempelajari apa itu blockchain dan bagaimana memanfaatkannya dalam bisnis kami,” ujar CEO Al-Ittifaq Setia Irawan.

Sementara itu, perusahaan tur dan travel internasional meminta  Pesantren Daarut Tauhiid (DT) Bandung menjadi mitra wisata halal di Indonesia. Untuk itu, mereka meminta DT untuk memberikan informasi daerah tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan Timur Tengah.

Perusahaan travel yang mengajak kerja sama antara lain dari Jordania, Uni Emirat Arab (UEA), Bulgaria, dan lain-lain.  Manajer Kontrak dan Tender Dallah Group Jordania Hiba Al-Qadi mengatakan, bagi calon wisatawan Timur Tengah informasi wisata halal di Indonesia sangat minim. Selama ini mereka hanya mengetahui wisata halal dari Malaysia.

“Mereka belum tahu wisata dan wisata halal Indonesia. Banyak wisatawan dari Timteng lari ke Malaysia. Ke Indonesia belum banyak informasinya,” ujar Al Qadi.

Menurut rencana, Dallah Group Companies akan datang ke DT untuk mempelajari kerja sama wisata halal. Mereka akan membawa turis Timur Tengah ke Indonesia.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.