Sunday, 29 March 2020

Dubes Agus Sebut Tiga Syarat Kepulangan HRS, Begini Jawaban FPI

Dubes Agus Sebut Tiga Syarat Kepulangan HRS, Begini Jawaban FPI

Jakarta, Swamedium.com — Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel menegaskan sejauh ini tidak pernah ada negosiasi khusus antara Indonesia dan Arab Saudi terkait Habib Rizieq Syihab. Meskipun demikian, bila memang pentolan Front Pembela Islam (FPI) itu ingin kembali ke Tanah Air, sebagai diplomat dia akan membantunya dengan sepenuh hati.

Syaratnya, Habib Rizieq bersikap kooperatif dengan perwakilan RI di Arab Saudi. Dia dapat menyampaikan laporan terkait berbagai masalah yang dihadapinya ke kantor perwakilan RI terdekat.

“Saya harus tegaskan, Saudara HRS ini tidak pernah melapor soal keberadaannya maupun permasalahannya secara resmi ke perwakilan KBRI,” kata Agus kepada tim Blak-blakan detikcom.

Tapi dia mengakui Habib Rizieq pernah berkomunikasi melalui telepon, salah satunya ketika dia berada di Qatar dua tahun lalu. Komunikasi via telepon itu dilakukan Habib Rizieq melalui orang lain dan percakapan sekadar basa-basi.

“Jadi ada orang lain yang menelepon saya, lalu dia ikut berbicara. ‘Pak Dubes, apa kabar. Kapan kita ngopi?’,” ujar Agus mengulang percakapannya dengan Habib Rizieq.

Terkait dengan pernyataan Habib Rizieq yang disiarkan dalam reuni 212 di Monas, Senin (2/12) bahwa dirinya mengutus staf KBRI dari BIN, Agus menepisnya. Ia menegaskan tidak pernah memberi perintah maupun advice baik lisan maupun tertulis kepada stafnya untuk menemui Habib Rizieq.

Kedua, Agus menyarankan agar Habib Rizieq mencabut pernyataan yang menyebut Jokowi sebagai presiden ilegal. Padahal, faktanya, Raja Salman maupun putra mahkota Muhammad bin Salman menjalin persahabatan yang erat dan sangat menghormati Presiden Jokowi. 

“Pernyataan semacam itu sensitif di Arab Saudi. Kalau warga negara yang tidak mengakui kepala negaranya, ini muskillah. Sudahlah… cabut. Ini kan urusan dignity, soal NKRI,” saran Agus.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.