Senin, 03 Agustus 2020

Bantuan Sultan AbdulMecid dari Kekhalifahan Ottoman untuk Rakyat Irlandia

Bantuan Sultan AbdulMecid dari Kekhalifahan Ottoman untuk Rakyat Irlandia

Jakarta, Swamedium.com — MasyaAllah, ketika 600.000 warga Irlandia yang mayoritas Katolik kelaparan parah pada tahun 1840 dan Inggris hanya mengirim 1000 pounds, Sultan Abdul Mecid dari Ottoman menawarkan mengirim 10.000 pounds.

Tapi kemudian disuruh mengurangi menjadi 1000 pounds oleh Inggris karena Ratu Victoria hanya membantu 2000 pounds dan Ratu Victoria tidak ingin terlihat pelit karena bantuannya lebih sedikit. Sultan juga mengirimkan 5 kapal penuh makanan ke pelabuhan Drogheda di tengah malam buta untuk menghindari blokade Inggris.

Itulah sebabnya lambang klub sepak bola Drogheda United yang didirikan tahun 1919 memiliki gambar Bulan Bintang terinspirasi logo Ottoman dan untuk menunjukkan rasa terima kasih yang mendalam.

Terlampir adalah piagam ucapan terima kasih dari Irlandia atas bantuan Ottoman dengan kata kata sebagai berikut:

“As the Irish nobles and people, we, the undersigned, present our dearest gratitude to the generous philanthropy and interest shown to the suffering and grieving people of Ireland by His Majesty [Sultan Abdülmecid], and we would like to thank him for the generous donation of 1,000 pounds sent in order to meet the needs of the people of Ireland and relieve their suffering.”

Kurang lebih artinya:

“Kami bangsawan dan rakyat Irlandia yang bertanda tangan dibawah ini menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas bantuan dan kedermawanan yang ditunjukkan Sultan Abdul Mecid pada rakyat Irlandia yang menderita. Kami ingin menyampaikan terima kasih atas donasi 1000 Pounds untuk membantu memenuhi kebutuhan rakyat Irlandia yang menderita.”

Bahkan pada tahun 2006, Drogheda merayakan ulang tahun ke 800 mereka memutuskan memasang plakat penghargaan untuk Turki atas bantuannya 150 tahun lalu di gedung pemerintahan bersejarah yang sekarang menjadi Hotel Wescourt.

Ottoman atau Turki selalu terdepan membantu yang tertimpa musibah terlepas apapun agamanya dan dimanapun berapa. Walaupun Irlandia berjarak sekitar 4.000 km dan berbeda agama. Inilah sikap dermawan yang merupakan inti ajaran Islam.
.

.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.