Tuesday, 25 February 2020

Tirta Lunggana Sebut Pansus Banjir Upaya Memojokkan Anies

Tirta Lunggana Sebut Pansus Banjir Upaya Memojokkan Anies

Jakarta, Swamedium.com – Anggota DPRD DKI masih terbelah dalam menyikapi wacana pembentukan panitia khusus (Pansus) Banjir. Meski mayoritas Fraksi di Dewan setuju, ternyata tidak seluruh anggota dewan setuju bencana banjir yang terjadi pada 1 Januari 2020 kemarin di-Pansuskan.

Salah satunya adalah Anggota Fraksi PAN DPRD DKI, Guruh Tirta Lunggana. Dia mengaku tidak setuju terhadap rencana pembentukan Pansus Banjir tersebut.

Sikap politisi muda PAN ini bukan tanpa alasan. Menurut Tirta, alasan sebagian anggota DPRD membentuk Pansus Banjir sebagai upaya untuk memojokkan Anies. Dia menilai ada upaya mempolitisasi bencana alam yang ditujukan untuk merusak kepercayaan masyarakat terhadap Gubernur DKI Jakarta itu jelang 2024 mendatang.

Secara objektif, kata Tirta, banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Jakarta pada malam pergantian tahun baru lalu adalah murni karena disebabkan oleh cuaca ekstrim.

“BMKG sudah menyatakan bahwa intensitas hujan pada tanggal 1 Januari lalu adalah curah hujan tertinggi sejak tahun 1990 lalu, yaitu mencapai 377 mm,” kata Tirta, Kamis, 16 Januari 2020.

Ia menambahkan, cuaca ekstrim itu juga bukan hanya berdampak pada banjir di Jakarta saja, namun sejumlah wilayah di luar Jakarta pun mengalami bencana serupa.

“Bagaimana mungkin bencana banjir yang terjadi bukan hanya di Jakarta kemudian diarahkan pada pembentukan Pansus Banjir yang seolah-olah terjadi karena kesalahan Pak Anies,” ujarnya.

Terkait dengan kesiapan penanggulangan bencana Banjir lalu, lanjutnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air sudah mempersiapkan 470 station pompa air yang terpasang di sekitar 117 titik lokasi rawan banjir. Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga menurunkan 120 pompa mobile yang disebar ke sejumlah titik daerah terdampak banjir lainnya.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.