Rabu, 08 April 2020

Jokowi Bilang Anti Banjir, Ternyata Calon Ibu Kota Baru Terendam Banjir

Jokowi Bilang Anti Banjir, Ternyata Calon Ibu Kota Baru Terendam Banjir

Penajam Paser Utara, Swamedium.com — Calon ibu kota baru dilanda banjir usai hujan deras sejak Kamis (31/1/2020) pagi. Wilayah yang terdampak banjir adalah Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Kepala Desa Bumi Harapan Kastiyar mengatakan, banjir menggenangi sawah seluas 3 kilometer persegi yang baru saja selesai ditanami bulan lalu. Banjir juga merendam pasar desa dan Sekolah Dasar 020.

“Di bagian wilayah penduduk sebelah barat, banjir sudah mencapai tinggi 50 sentimeter. Di situ hanya beberapa rumah. Ini banjir tahunan, memang daerah situ tempatnya agak rendah,” ujar Kastiyar, Kamis lalu (30/1/2020) .

“Untuk Bumi Harapan yang terkadang ada hujan dua jam, pasti di situ banjir. Tapi nanti mungkin satu jam dua jam, langsung surut asal air laut enggak naik,” katanya.

Kastiyar menambahkan, sawah yang terendam akan ditanami ulang jika banjirnya tidak cepat dikendalikan. “Tapi petani paham. Setelah ini petani langsung cepat cepat disemprot,” katanya.

Normalisasi parit yang terhubung ke sungai juga sudah dilakukan dari ujung paling atas. Namun, banjir keburu merendam sebelum itu tuntas.

Eva, warga Desa Bumi Harapan, mengatakan, hujan yang mengguyur sejak subuh mengakibatkan air meluap sampai ke jalan raya. Ia menyebut drainase memang lumayan besar dan bagus. Namun, tetap tak bisa mencegah banjir meluap. “Hujan mulai Subuh pukul 04.00 dini hari sampai pukul 07.00 masih gerimis,” kata Eva.

Kepala Tata Usaha SD 020, Sintiya Puspita Sari mengatakan, banjir membuat sekolah meliburkan 277 siswa. Menurutnya, bukan sekali ini saja sekolah diliburkan akibat banjir. 

“Kepala sekolah pagi tadi sebelum masuk sekolah ada meninjau banjir, lalu beliau putuskan semua anak anak diliburkan,” ujar dia.

Pages: 1 2 3

Related posts

2 Comments

  1. Anonim

    Jgn lah jumawa dulu Om, Allah Maha Kuasa..Kun Fa Yakun..apapun bisa terjadi…seharus kita meminta
    berdoa kpd Allah swt semoga ditempat yg baru berbedalah dari tempat yg lama

    Reply

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.