Monday, 30 March 2020

Sindikat Pemalsu Dokumen Dicokok Satreskrim Bandara Soetta

Sindikat Pemalsu Dokumen Dicokok Satreskrim Bandara Soetta

Jakarta, Swamedium.com – Satreskrim Polresta Bandara Soekarno Hatta berhasil mengungkap kasus pemalsuan surat dan Dokumen. Dalam kasus ini ada tiga tersangka yang telah ditangkap.

“Tiga pelaku yang kami tangkap adalah FRN, AW dan DS,” kata Kapolres Bandara Soetta Kombes Adi Ferdian Saputra di Polres bandara Soekarno Hatta, Selasa (4/2).

Adi menjelaskan ketiga pelaku tersebut memiliki peran yang berbeda-beda. Untuk tersangka FRN dan AW keduanya bertugas memalsukan dokumen mulai dari KTP, SIM, Ijazah, surat cerai dan berbagai dokumen lainnya.

“Sementara tersangka DS bertugas menerima orderan dan menjual melalui media sosial,” jelasnya.

Dilokasi yang sama, Kasat Reskrim Polres Bandara Soetta Kompol Alexander Yurikho menuturkan pengungkapan ini berawal dari adanya informasi dari pihak Bandara bahwa ada pihak-pihak yang mampu membantu mengurus dokumen.

Kecurigaan muncul karena dokumen tersebut mampu disiapkan dengan sangat cepat sebagai contoh untuk satu jenis e-KTP hanya diperlukan waktu selama 1 hari.

“Berdasar itulah kami lalu melakukan penyeldikan dan berhasil meringkus tiga tersangka tadi di wilayah Tangerang,” kata alexander.

Dia juga menuturkan pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa 3 printer, dokumen palsu berupa akta cerai, kartu keluarga, KTP, SIM C dan NPWP palsu.

“Atas hal tersebut ketiga tersangka dikenakan pasal 263 dan 264 serta 266 KUHP dengan ancaman hukuman 8 tahun penjara,” tutup Yurikho.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.