Rabu, 01 April 2020

Virus Corona, Singapura dan Indonesia

Virus Corona, Singapura dan Indonesia

Foto: Syahganda Nainggolan.

Dalam situasi peradaban digital dan online seperti sekarang, informasi sudah menyebar cepat, yang kadangkala melampaui fakta. Meski pemerintah Singapura berpikir bisa menenangkan rakyatnya, bisa jadi rakyat mereka lebih panik lagi. Dan terakhir, pemerintah Singapura takut dengan “rush money”, meskipun berita “rush money” ini belum berkembang besar.

Lalu apa kaitannya dengan Indonesia?

1) Indonesia harus mulai mempertimbangkan berita riset Harvard University yang menilai Indonesia seharusnya sudah ada kasus virus corona ini. Mempertimbangkan volume interaksi warga Wuhan, Hubei di kawasan ini. Kasus interaksi warga Malaysia dan Inggris yang positif terkena virus corona dengan warga China di Singapura telah menjadi berita. Dalam situs aseanbriefing. com,
“The Coronavirus in Asia and ASEAN – Live Updates by Country”, Indonesia masih diberitakan tanpa kasus terjangkit virus corona ini, bersama Myanmar. Namun, semua negara asean lainnya sudah mengakui ada kasus.

2) Indonesia harus mulai mencemaskan interaksi warga kita dengan warga Singapura. Interaksi warga Indonesia dan Singapura begitu tinggi, mencapai 17.000 jiwa pelancong perhari (merujuk pada pernyataan dirjen pengendalian dan pencegahan penyakit menular, Kemenkes RI). Saat ini pemerintah Singapura telah menaikkan tanda orange pada wabah corona. Artinya apa? Artinya kita juga sudah harus mulai membatasi interaksi dengan warga Singapura.

3) Indonesia harus mempertimbangkan kerjasama baru dengan Singapura. Apakah itu? a) Indonesia bisa menyediakan wilayah/pulau khusus bagi warga Singapura untuk meghindar dari kecemasan dan kepanikan selama isu virus ini ada. Mereka dapat menjadi penghuni sementara. b) Singapura memberi bantuan kerjasama riset bidang kesehatan dengan Indonesia, khususnya menangani wabah virus corona ini. c) Singapura menutup semua fasilitas kemudahan bagi uang2 orang2 Indonesia baik yang sudah deklarasi, maupun uang haram yang mencapai ribuan triliun.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.