Monday, 30 March 2020

Virus Corona, Singapura dan Indonesia

Virus Corona, Singapura dan Indonesia

Foto: Syahganda Nainggolan.

Penutup

Penyebaran virus Corona di Singapura sudah membuat kepanikan pada warga mereka. Sebagai masyarakat kaya raya dan cerdas, kepanikan mereka memounyai alasan yang kuat. Meski pemerintah Singapura mengatakan tidak perlu panik, faktanya kepanikan terjadi, mereka mulai menyiapkan stok pangan.

Singapura adalah tetangga dekat kita, sebuah negara kota, yang warganya tidak mampu lari jika wabah virus melanda semakin besar. Di sana jutaan orang2 Indonesia berinteraksi setiap tahunnya.

Sebagai negara tetangga, kita harus memberikan peluang agar Singapura memanfaatkan wilayah Indonesia yang luas sebagai tempat mereka bermukim sementara, jika diperlukan. Tentu di desain sejak awal. Seperti pulau2 disepenjang Sumatera.

Namun, Singapura sebagai tempat bersembunyinya ribuan triliun uang2 haram, baik yang sudah dideklarasi dalam tax amnesty maupun belum, serta tempat berkuasanya mafia2 bisnis seperti mafia minyak, harus menjadi objek perundingan yang mungkin dapat dibicarakan dengan mereka.

Sekaligus mengingatkan mereka bahwa tetangga yang baik harus mampu menunjukkan semangat kebersamaan dan kemajuan bersama. Termasuk mengajarkan kita tentang bahaya virus corona. (*)

*Penulis: Dr. Syahganda Nainggolan (Sabang Merauke Institute)

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.