Jumat, 03 April 2020

Kongres PAN, “War Of The Besan”

Kongres PAN, “War Of The Besan”

Jakarta, Swamedium.com — Kongres PAN (Partai Amanat Nasional) di Kendari yang baru selesai Selasa (11/2) jelas-jelas bikin perut mules saking lucunya. Bagaimana tidak, di partai lain di setiap kongres pasti rebutan kursi. Lha, di PAN malah lempar-lemparan kursi.

Perolehan kursi PAN di DPR RI turun, bahkan di Jawa Tengah PAN mencatat rekor clean sheet alias kosong kursi untuk DPR RI. Dari delapan kursi di dapil Jateng sekarang habis bersih, nol kosong. Terbukti kader PAN di Jateng bisa menunjukkan cara berpolitik yang bersih, bersih dari kursi.

Rekor clean sheet alias kosong kursi itu tak berpengaruh bagi inkumben ketum Zulkifli Hasan. Buktinya dia menang atas pasangan Mulfachri Harahap-Hanafi Rais yang didukung Amien Rais.

Meskipun dimana-mana perolehan kursi merosot, tapi kader-kader PAN menunjukkan kemakrifatan dan kezuhudan politik tinggi dengan melempar-lempar kursi yang mahal itu.

Waktu kampanye dulu kader-kader itu fasih mengutip “Ayat Kursi” tapi setelah dapat kursi mereka lupa ayatnya.

Jauh sebelum kongres, beberapa pasang calon ketua sudah melakukan konsolidasi ke berbagai daerah. Para kader tahu sekaranglah saatnya panen. Makanya kader-kader PAN itu melakukan thowaf, keliling ke semua calon ketum untuk mencari sangu.

Setelah puas thowaf mengumpulkan sangu dari kandidat, para kader PAN kemudian melanjutkan aksinya dengan melempar jumrah, bukan pakai kerikil, tapi pakai kursi.

Sudah banyak yang tahu bahwa kongres PAN kali ini adalah perang antar-besan, The War of the Besan. Zulkifli Hasan adalah besan Amien Rais. Mumtaz Rais, anak kedua Amien, menikah dengan Futri Zulya Savitri, anak sulung Zulkifli Hasan. Bisa dibayangkan bagaimana perseteruan politik antar-besan mempengaruhi rumah tangga pasangan ini.

Antar-besan terbukti saling tega juga. Meskipun Zulhas di berbagai kesempatan mengaku tidak berani melawan Amien, tapi buktinya, bukan hanya berani melawan, tapi malah menggergaji kursi Amien sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) dan menyerahkannya kepada Hatta Radjasa, yang pernah digergaji Amien dari kursi ketum di Kongres Bali, 2015.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.