Jumat, 03 April 2020

Polisi Gerebek Home Industri Kosmetik Ilegal

Polisi Gerebek Home Industri Kosmetik Ilegal

Jakarta, Swamedium.com – Subdit 3 Narkoba Polda Metro Jaya berhasil mengungkap home industri kosmetik ilegal di Tapos Depok Jawa Barat. Diketahui perusahaan tersebut beroperasi sejak 2015 lalu.

“Ada tiga pelaku yang kami tangkap. RK, MF dan S,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Selasa (18/2).

Yusri menjelaskan pihaknya mendapat laporan warga soal adanya home industri kosmetik ilegal tanpa adanya izin edar dari BPOM dan menggunakan bahan kimia berbahaya. Mendapat laporan tersebut Subdit 3 Narkoba lalu membentuk tim untuk melakukan penyelidikan.

“Setelah menyelidiki selama beberapa hari, sabtu lalu dilakukan penggerebekan dan mereka tengah memproduksi dan mempacking,” jelasnya.

Diketahui 3 tersangka yang ditangkap memiliki peran yang berbeda-beda. RK memiliki peran untuk belanja bahan-bahan produksi kosmetik. RK sendiri merupakan mantan karyawan perusahaan kosmetik di tahub 2005.

“MF berperan sebagai pembuat. Diketahui MF ini bersekolah di jurusan Farmasi dan juga merupakan bekas pegawai. Sedangkan pelaku S bertindak sebagai pengantar barang yang sudah dipesan,” jelasnya.

Dilokasi yang sama, Kanit 1 Subdit 3 Narkoba Kompol Trisno W Putro mengatakan pihaknya saat ini masih melakukan pendalaman terhadap kasus tersebut.

“Masih kami dalami terkait pendistribusiannya. Apa disebar ke toko-toko kosmetik atau hanya toko yang melakukan pemesanan,” tutupnya.

Atas kejahatannya ketiga pelaku dikenakan pasal 196 UU 36 tentang Kesehatan dengan ancaman penjara 7 tahun dan denda Rp1 miliar.

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.