Rabu, 01 April 2020

Gubernur Laiskodat Vs Gubernur Anies

Gubernur Laiskodat Vs Gubernur Anies

Jakarta, Swamedium.com — Saya tdk membaca secara detail berita ini, dan juga tdk mendalami latar belakang kebijakan Gub. NTT, Laiskodat (Lsd) ini ttg larangannya thdp orang miskin punya anak.

Hemat sy kalau kebijakan larangan itu benar adanya, tambah lagi pejabat di negeri ini, seperti yg dikatakan Rocky Gerung mengaku Pancasilais tapi sesungguhnya TIDAK Pancasilais, tidak memahami filosofi, substansi nilai dari salah satu sila Pancasila dalam implementasi kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Republik ini, yakni sila Kemanusiaan yg Adil dan beradab. Belum lagi bila dikaji dgn mengaitkannya dgn nilai setiap agama resmi yg diyakini bangsa ini, yg merupakan iplementasi dari Sila Pertama Pancasila atau juga nilai keadilan sila ke 5.

Kebijakan yg seharusnya Gub. Lsd lakukan sbg pemimpin di daerah adalah kebijakan2 yg bisa mengecilkan bahkan menghilangkan kemiskinan, membuat sejahtera semua lapisan rakyat di daerah yg dipimpinnya. Bukan malah menekan kebebasan rakyatnya utk tdk memiliki keturunan. Bagamana sih cara berfikir Gub Lsd ini !?

Kata *sejahtera* yg acap disebut-sebut seorang calon pemimpin pada saat berkampanye agar ianya dipilih dapat dipastikan ada, termasuk oleh calon pemimpin daerah utk memajukan daerahnya.

Substansi kata SEJAHTERA mengandung makna mewujudkan kehidupan negara bangsa dan atau daerah berkemajuan, bebas dari kemiskinan baik kemiskinan alami maupun kemiskinan struktural.

Secara sederhana mewujudkan kehidupan :

– Secara ekonomi, rakyatnya sdh tidak berpikir besok makan apa (makan atau tidak makan).

– Secara edukasi, rakyatnya mengenyam pendidikan bisa bersekolah hingga pendidikan tinggi.

– Secara hukum, tegaknya aturan tanpa kecuali minim pelanggaran (law enforcment), tdk ada sogok menyogok, koruptif, nepotif, kolutif, penegakan hukum tanpa pandang bulu, menciptakan fasa keadilan.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.