Rabu, 01 April 2020

Ketua BPIP Usulkan Ganti Assalamu’alaikum dengan Salam Pancasila?

Ketua BPIP Usulkan Ganti Assalamu’alaikum dengan Salam Pancasila?

Kepala BPIP Yudian Wahyudi. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — Kalimat miring dari saya

Perlunya Salam Pancasila di tempat umum sebagai titik temu di antara salam masing-masing agama di Indonesia. “Kalau kita salam setidaknya harus ada lima sesuai agama-agama. Ini masalah baru kalau begitu. Kini sudah ditemukan oleh Yudi Latif atau siapa dengan Salam Pancasila. Saya sependapat,” kata Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi dalam wawancara di detik.com beberapa waktu lalu.

Salam Pancasila itu bentuk dan kalimatnya seperti apa? Benarkah akan menjadi titik temu antar agama? Kenapa yang dipersoalkan hanya Salam dalam Islam? Akankah pula pemeluk agama lain menerima Salam khasnya diganti dengan Salam Pancasila? Salam Pancasila sesuaikah dengan Pancasila? Pada Sila ke berapa ada muatan nilai agar ada Salam titik temu bernama Salam Pancasila? Dulu para perumus Pancasila sendiri apakah pernah terfikir tentang Salam Pancasila mengingat dulu rakyat Indonesia pun sudah memeluk beragam agama? Dalam Islam, titik temu (kalimatun sawa) antar agama adalah “Bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. QS. Ali Imran:64. Salam Islam “Assalamu’alaikum Warohmatullah Wabarokatuh” dari awal hadirnya Islam ke Nusantara Indonesia ini tidak pernah jadi masalah. Umat lain juga tidak keberatan ada salam Islam, salam itu diucapkan karena ada peserta acara yang juga beragama Islam. Kenapa yang gerah dan mempermasalahkan justru orang yang mengaku dirinya Muslim? Salam itu tidak ditujukan kepada umat pemeluk agama selain Islam. Sekali lagi tidak pernah jadi masalah dan tidak pernah dimasalahkan. Kecuali belakangan ini oleh oknum-oknum yang terpapar virus jahat bernama Islamphobia, sekularisme dan liberalisme saja.

Pages: 1 2 3

Related posts

21 Comments

  1. Anonim

    kenapa sejak 2014 pemerintah beserta jajarannya selalu mengeluarkan statmen yang bertentangan dan bikin gaduh, belum selesai urusan agama musuh pancasila, malah keluar statmen yang aneh2 lagi, apa ini bagian dari propaganda komunis, naudzubillah

    Reply
  2. Anonim

    Dumia sudah rapuh & otak manusiapun sudah mulai rapuh, masalah salam keagamaan kok diminta harus dengan salam pncasila. Waduuuuuuh otakx sudah bemaslah ini.

    Reply
  3. Anonim

    Jangan salahkan pemerintah, pemerintah hanya menuruti pendapat anda2 yang super komentatif tehadap bangsa ini… Makanya anda2 yang sok beriman, sok tau agama tak perlu mengkritik pemerintah terlalu berlebihan.

    Reply
  4. Anonim

    Apakah tidak kamu perhatikan orang-orang yang telah dilarang mengadakan pembicaraan rahasia, kemudian mereka kembali (mengerjakan) larangan itu dan mereka mengadakan pembicaraan rahasia untuk berbuat dosa, permusuhan dan durhaka kepada Rasul. Dan apabila mereka datang kepadamu, *mereka mengucapkan salam kepadamu dengan memberi salam yang bukan sebagai yang ditentukan Allah* untukmu. Dan mereka mengatakan kepada diri mereka sendiri: “Mengapa Allah tidak menyiksa kita disebabkan apa yang kita katakan itu?” Cukuplah bagi mereka Jahannam yang akan mereka masuki. Dan neraka itu adalah seburuk-buruk tempat kembali.

    Referensi: https://tafsirweb.com/10762-quran-surat-al-mujadilah-ayat-8.html

    Reply
  5. Anonim

    Jangan melibat2kan agama kalau ada ide2 kalian silahkan…bertaubatlah jangan tunggu Allah SWT murka kepada kita…subanallloh..

    Reply
  6. Anonim

    Assalamu’alaikum…
    Agama Islam mengajarkan itu, utk sesama muslim, ketika di forum yaa silahkan menyebutkan dalam ucapan salam yg lebih religi, klo Salam Pancasila artinya mengada-ada lebih baik ucapkan salam Selamat pagi, siang, sore, atau malam, itu lebih terdengar akrab d telinga. 100x jgn otak bebal atuh.

    Reply
  7. Anonim

    TDK of dijadikan panutan semua mengintimidasi Islam.maba mungkin umat mau menggeser atau mengganti yg SDH di tentukan oleh Tuhannya. Pancasila itu diamalkan sebagai kepribadian bangsa. Assalamualaikum itu doa mendoakan KPD sesama. Kacau

    Reply
  8. Anonim

    TDK of dijadikan panutan semua mengintimidasi Islam.maba mungkin umat mau menggeser atau mengganti yg SDH di tentukan oleh Tuhannya. Pancasila itu diamalkan sebagai kepribadian bangsa. Assalamualaikum itu doa mendoakan KPD sesama. Kacau

    Reply
  9. Anonim

    Saya sangat tidak setuju bila mengganti salam,kalau sesama muslim mengucapkan Assallammualaikum,kalau pidato juga sama mengucapkan Assallammualaikum terlebih dahulu bila muslim baru mengucapkan salam Pancasila.

    Reply
  10. Anonim

    Eey dek.. kita umat muslim jga tau cara mengucapkan salam kepa agama2 lain.. dan mereka jga paham.. dari dlu smpai sekarang gk ada yg permasalahkn itu.. mungkin hanya kmu aja dek.

    Reply

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.