Rabu, 01 April 2020

Habis PHK Massal Terbitlah Pengangguran, Apa Ini Dibiarkan?

Habis PHK Massal Terbitlah Pengangguran, Apa Ini Dibiarkan?

Fani Ratu Rahmani (Aktivis Muslimah dan Pendidik)

Jakarta, Swamedium.com — Istilah Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada hakikatnya bukan sebuah istilah baru di tengah masyarakat. Menariknya dalam setahun terakhir ini, PHK yang terjadi di negeri ini bukan dalam jumlah yang sedikit.

Sederet perusahaan sudah melakukannya. PT Indosat Tbk mengakui telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada 677 karyawannya pada Jumat (14/2). Tak hanya itu, Per Senin, 3 Februari 2020, sekitar 800 lebih karyawan di-PHK oleh manajemen PT. Karyadibya Mahardika (KDM) Kabupaten Pasuruan.

Selain itu, Platform iklan baris OLX Indonesia juga mengambil langkah yang sama, Startup yang berdiri sejak 2005 ini diduga melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah pegawainya. (sumber : kumparan.com)

Dengan banyaknya karyawan perusahaan yang di-PHK, maka implikasinya tentu pada angka pengangguran di negeri ini. Sebab, tidak semua yang di-PHK bisa langsung mendapatkan pekerjaan di tengah lapangan pekerjaan yang juga minim. Tentu, melihat hal ini kita harus memahami akar masalah dari maraknya PHK di negeri kita ini.

Dilihat dari sisi argumentasi yang dipakai oleh beberapa perusahaan terkait maka semua mengerucut karna adanya era disrupsi. Era disrupsi adalah masa dimana sebuah inovasi akan menggantikan seluruh sistem lama dengan cara-cara yang baru. Adanya disrupsi ini menjadikan teknologi yang konvensional berganti menjadi digital sehingga meminimalisir atau bahkan menggantikan peran manusia dalam operasionalnya.

Tentu kita tidak menafikkan bahwa kita telah memasuki era disrupsi. Namun, sayangnya pemerintah tidak antisipatif terhadap dampak yang akan timbul dari era disrupsi dan tren digitalisasi. Kebanyakan dari masyarakat tidak siap dan pemerintah juga tidak mengambil langkah untuk menyiapkan masyarakat pada era ini.

Walhasil, saat banyak perusahaan harus beradaptasi, tentu gelombang PHK akan terjadi karna tergantikan dengan teknologi canggih masa kini. Padahal kita tahu bahwa sangat potensial terjadi tindakan kriminalitas dan masalah sosial lainnya apabila angka pengangguran naik dan kesulitan ekonomi semakin mencekik.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.