Sunday, 29 March 2020

Momen Orang-orang Nias Bersyahadat di Pulau Banyak Barat

Momen Orang-orang Nias Bersyahadat di Pulau Banyak Barat

Aceh Singkil, Swamedium.com — Sebuah kabar kecil datang dari desa terpencil. Natalia Neni Ves Lian (20) mengucap syahadat di Masjid An Nur Desa Suka Makmur, Kec Pulau Banyak Barat, Kab Aceh Singkil, pada Sabtu (22/02) malam.

‘’Alhamdulillah, malam ini setelah Isya, mensyahadatkan satu orang warga,’’ lapor da’i Dewan Da’wah, Ustadz Muhammad Yusuf, yang baru 4 bulan membimbing warga Suka Makmur.

Meski berita kecil, itu jadi pertanda besar kemajuan dakwah di Kepulauan Banyak Barat.

Ustadz Yusuf yang alumnus Akademi Dakwah Indonesia Aceh dan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah M Natsir, Bekasi, menuturkan, Natalia berasal Desa Sisarahili, Kec Mandhere, Kab Nias Utara, Sumut. Ia bermukim di rumah Ny Safriani, geucik/kepala desa Suka Makmur.

‘’Dari dulu ia sudah ingin memeluk Islam tapi tidak tahu bagaimana caranya. Sebab, ia tinggal di kawasan mayoritas non-Muslim,’’ ungkap Ustadz Yusuf.

Setelah bersyahadat, Natalia dibimbing bersama majlis taklim Masjid An-Nur. ‘’Saya mengajar mereka bakda magrib,” imbuh Yusuf.

Tiga hari kemudian (25/2) bersyahadat lagi satu keluarga keturunan Nias yang terdiri 5 orang. Mereka adalah pasangan suami istri Fitarius Waruwu dan Dewi Merlina Hia beserta tiga anaknya.

Ikrar syahadat di Masjid An Nur itu juga turut disaksikan oleh Geucik (Kepala Desa) Safriani dan tokoh masyarakat lainnya.

Keluarga mualaf ini berasal dari Dusun Anaoeik Desa Suka Makmur yang 100% warganya Nasrani sebagaimana Desa Ujung Sialit yang berbatasan dengannya.

Tak seperti namanya, hampir semua warga Suka Makmur hidup di bawah garis kemiskinan. Sejak di mulut dermaga hingga ke dalam desa, terpampang potret kehidupan 59 keluarga yang rata-rata rumahnya belum bertembok.

Menurut Safriani, warga desanya terdiri 318 jiwa. Sebanyak 230 di antaranya Muslim, yang sebagian besar (75%) mualaf. Mereka umumnya keturunan Nias yang berprofesi sebagai nelayan dan peladang. Para nelayan sering diserang buaya muara, bahkan ada beberapa yang tewas karenanya.

Pages: 1 2 3

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.