Minggu, 05 Juli 2020

Advokat Buka Bukti Dugaan Gratifikasi Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto

Advokat Buka Bukti Dugaan Gratifikasi Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto

Bukti-bukti dugaan gratifikasi yang dilakukan Kabarhakam Agus Andrianto dan pesawat yang digunakan. (foto: Kuasa hukum Ametro Adiputra Pandiangan, Joko Pranata Situmeang).

Jakarta, Swamedium.com — Kuasa hukum Ametro Adiputra Pandiangan, Joko Pranata Situmeang membeberkan beberapa bukti valid dan akurat soal dugaan gratifikasi Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komisaris Jenderal Agus Andrianto.

Agus dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan gratifikasi yang diterimanya pada saat menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara.

Bahwa laporan ini sekaligus menjadi ujian bagi Firli Bahuri. Akankah mentersangkakan teman yang berasal dari institusinya atau melindunginya dengan sejuta dalih.

Melalui pesan tertulis yang diterima Tagar pada Minggu, 8 Maret 2020, Joko menepis bukti tidak mendasar seperti simpang siurnya kabar yang berembus beberapa hari kemarin. 

Dia menegaskan, bukti-bukti yang mereka miliki soal dugaan gratifikasi itu sudah banyak, mulai dari bukti video, foto, dan lain sebagainya.

Dia menerangkan, saat menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara, pada Sabtu 22 Juni 2019, Agus Andrianto menghadiri acara pernikahan adik ipar Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani, di Pandan.

“Di acara pernikahan tersebut Agus didaulat menjadi saksi pernikahan, untuk membuktikan bahwa benar Komjen Agus Andrianto hadir pada acara tersebut telah kami lampirkan ke KPKvideo pernikahan itu,” katanya kepada Tagar,Minggu, 8 Maret 2020.

Pada poin kedua, pria yang pada saat itu masih berpangkat Irjen Pol tersebut diduga menerima fasilitas menggunakan pesawat khusus (carter) untuk menghadiri pernikahan adik ipar Bakhtiar Ahmad Sibarani.

“Foto ketika Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk menunggu kehadiran Irjen Pol. Agus Andrianto di Bandara Ferdinand Lumban Tobing, Pinang Sori,” ujarnya.

Selanjutnya, dia mengaku memiliki foto ketika Agus tiba di Bandara Ferdinand Lumban Tobing, serta pemberangkatannya kembali ke Kota Medan juga dilampirkan menjadi bukti-bukti Joko cs saat menyambangi markas KPK di Jakarta.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.