Kamis, 24 September 2020

Keberpihakan Pemerintah Bisa Dibaca dari Kasus BPJS dan Jiwasraya

Keberpihakan Pemerintah Bisa Dibaca dari Kasus BPJS dan Jiwasraya

Jakarta, Swamedium.com — WOW! Bakalan hot nih, saat ini pemerintah tengah dihadapkan pada 2 mega case yang menuntut penyelesaian extra serius, apalagi jika bukan BPJS dan Jiwasraya yang sepertinya sudah mulai kelihatan juga “hilal” nya mau kemana..

Begini, 2 case ini unik dan sebetulnya ada beberapa indikator yg cukup kontras diantara keduanya yang justru bisa dijadikan indikator oleh kita kita ini rakyat biasa untuk menilai pemerintah.. ya, kelihatan kok akan lebih memihak mana pemerintah ini sebetulnya..
Memihak rakyat? Okelah rakyat, tapi rakyat yg mana? lalu latar belakang yg seperti apa dst..

Santuy aja, kita kupas, ga perlu pake emosi.. Yuk doa dulu sesuai agama dan kepercayaan masing masing.. Jin setan pergi dulu!

Begini, pertama BPJS.. adalah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Simpelnya badan ini menampung pembayaran premi asuransi dari peserta dimana sesuai amanat UU pesertanya adalah seluruh rakyat Indonesia dari A sampai Z, dan bahkan bukan hanya peserta yg membayar premi, tapi juga diamanatkan UU bahwa pemerintah juga bayar premi, tujuannya utk mengcover rakyat tidak mampu agar tetap terlayani kesehatannya. Jadi clear ya, di sisi input dananya maka ada dari peserta ada juga dari pemerintah sendiri sebagai bentuk jaminan sosial utk rakyatnya yg lemah.
Lalu apa sisi outputnya?
Sebagai penyelengara jaminan sosial kesehatan sudah barang tentu ya ngebayarin biaya kesehatan dasar rakyat Indonesia yang menjadi pesertanya, dimana saat ini BPJS kesehatan kekurangan uang untuk membayar layanan kesehatan yang sudah diberikan oleh berbagai fasilitas layanan kesehatan spt klinik atau rumah sakit. Sebetulnya jika pemerintah sadar, maka sudah barang tentu menjadi tanggung jawabnya menambal kekurangan ini. Karena kan memang pemerintah juga sebagai pembayar preminya sesuai amanat Undang Undang. Ini sudah clear dan final sebetulnya. Ok segini dulu, sekarang kita bandingkan dengan kasus Jiwasraya.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.