Jumat, 03 April 2020

Gandeng WHO, WhatsApp Sediakan Pusat Informasi COVID-19

Gandeng WHO, WhatsApp Sediakan Pusat Informasi COVID-19

Ilustrasi. (ist)

Jakarta, Swamedium.com — WhatsApp mengumumkan inisiatif untuk mendukung upaya global dalam melawan pandemi COVID-19, yakni dengan merilis Pusat Informasi COVID-19 WhatsApp. Pusat Informasi ini berkolaborasi dengan organisasi kesehatan dunia WHO, UNICEF, dan UNDP.

Inisiatif ini juga dilakukan dengan menyalurkan donasi USD 1 juta untuk Jaringan Internasional Penguji Fakta (IFCN) asuhan Poynter Institute. Adapun Pusat Informasi COVID-19 bisa diakses melalui tautan https://www.whatsapp.com/coronavirus.

Pusat Informasi COVID-19 ini berisi panduan sederhana bagi para petugas kesehatan, tenaga pengajar, tokoh masyarakat, organisasi nirlaba, jajaran pemerintah, serta pelaku bisnis yang senantiasa mengandalkan WhatsApp untuk berkomunikasi.

Situs ini juga menawarkan tips dan konten umum bagi pengguna di seluruh dunia demi mengurangi penyebaran rumor dan membuka akses terhadap informasi kesehatan yang akurat. Seperti dikatakan Head of WhatsApp, Will Cathcart, pusat informasi yang akurat sangat penting di masa seperti ini.

“Kami mengamati bahwa selama periode ini banyak yang mengandalkan WhatsApp, baik dalam komunikasi antar teman dan orang yang dicintai, antara dokter dan pasiennya, maupun guru dan siswanya. Kami ingin menyediakan pusat informasi sederhana yang dapat membantu menghubungkan orang-orang di saat yang penuh kewaspadaan ini,” kata Will seperti dikutip dari keterangan resmi WhatsApp, Kamis (19/3).

“Kami senang karena bisa bekerja sama dengan Poynter Institute untuk membantu menumbuhkan sejumlah organisasi penguji fakta di WhatsApp serta mendukung pekerjaan mulia mereka dalam mematahkan rumor. Kami juga akan terus bekerja sama secara langsung dengan kementerian kesehatan di seluruh dunia agar mereka dapat memberikan informasi terkini secara langsung melalui WhatsApp,” sambungnya.

WhatsApp mengklaim rekomendasi informasi COVID-19 ini memberikan panduan cepat kepada grup-grup kecil sehingga mereka dapat memanfaatkan fitur WhatsApp secara maksimal, yang akan disebarluaskan juga oleh UNDP kepada koordinator komunitas-komunitas lokal terkait.

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.