Jumat, 03 April 2020

Surat Terbuka dari Mahasiswa untuk Jokowi

Surat Terbuka dari Mahasiswa untuk Jokowi

Foto: Ratusan Mahasiswa menggelar Aksi di Istana Merdeka (Joko/Swamedium)

Jakarta, Swamedium.com — Seorang aktivis mahasiswa, Riyan Hidayat menulis surat terbuka yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Surat yang ditulis
Presiden Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2017 itu terkait kondisi bangsa dan penanganan wabah virus Corona atau Covid-19 di Indonesia.

Dalam surat terbuka Riyan yang mengaku menjadi Relawan Indonesia Jokowi (Reliji) saat Pilpres 2019 lalu, meminta Jokowi lebih bijak dalam menangani segala permasalahan bangsa.

Berikut ini isi lengkap surat terbuka yang diterima Swamedium, Rabu (25/3).

Surat Terbuka Kepada Yth.
Bapak Presiden Republik Indonesia
Ir. Joko Widodo

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Perkenalkan pak, nama saya Riyan Hidayat. Tentu saja bukan siapa-siapa, melainkan hanyalah warga negara biasa yang senantiasa mengagumi anda dan memberanikan diri terlibat menjadi relawan pada pilpres 2019 lalu dalam kelompok Relawan Indonesia Jokowi (RELIJI). Bersama kawan-kawan lainnya saya ikut serta keliling mengkampanyekan program-program unggulan anda. Saat itu terpikir oleh saya bahwa di periode kedua nanti, anda akan membuat Indonesia lebih baik. Tidak terpikir saat itu bagaimana jadinya jika anda kalah. Saya dan kawan-kawan lainnya percaya pada janji anda terkait “penegakan sistem hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya” dan “pengelolaan pemerintah yang bersih, efektif dan terpercaya”.

Namun berselang waktu, anda mengisi struktur pemerintahan dengan orang-orang yang terjerat dosa masa lalu. Awalnya, saya tidak mempermasalahkannya karena pada saat yang bersamaan masih ada kementerian lain yang diisi dengan orang-orang hebat. Namun pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) KPK mulai memicu sejumlah pertanyaan dalam benak saya tentang apa yang hendak anda capai pada periode kedua ini. Ketika gelombang kritik tertuju pada anda dengan #Reformasidikorupsi saya masih menyisakan sedikit kepercayaan pada anda. Saya berharap keberanian anda untuk memilih mendengarkan dan berpihak pada rakyat. Dibanding kawan-kawan lainnya yang sudah berbalik menyerang pemerintahan anda, saya masih berupaya memahami langkah yang anda ambil. Namun ketegasan anda tidak kunjung muncul. Diperparah dengan kasus gagal bayar Jiwasraya dan Asabri yang menguap begitu saja dan kesaktian seorang Harun Masiku yang sampai saat ini tidak diketahui keberadaannya.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.