Sabtu, 11 Juli 2020

Napi Mau Dibebaskan, Buat Apa?

Napi Mau Dibebaskan, Buat Apa?

Foto: Jonru Ginting. (ist)

* * *

Dari keempat jenis manusia di atas, siapa yang punya potensi terbesar untuk menularkan? Jawabannya adalah SIPIR.

Kenapa? Sebab untuk tahanan baru, pembesuk dan tamu khusus, biasanya dilakukan PEMERIKSAAN KETAT sebelum mereka masuk. Pada hari-hari normal pun, pemeriksaan ketat pun rutin dilakukan. Apalagi jika ada corona, tentu pemeriksaannya akan jauh lebih diperketat.

Terlebih lagi untuk tahanan baru. Biasanya, terhadap para tahanan baru akan dilakukan pemeriksaan kesehatan standar ketika mereka baru masuk. Dan karena sedang ada corona, saya yakin pasti pemeriksaan kesehatan akan lebih serius dilakukan.

Jadi untuk tahanan baru, pembesuk dan tamu khusus, kemungkinan mereka menularkan virus sangatlah kecil. Sebab pemeriksaan terhadap mereka sebelum masuk sangatlah ketat.

Berbeda dengan sipir. Mereka adalah petugas. Mereka tuan rumah. Mereka bebas masuk ke dalam penjara tanpa pemeriksaan ketat.

Mungkin setelah ada wabah corona, para sipir selalu dites kesehatannya sebelum masuk ke lingkungan penjara. Saya tidak tahu persis seperti apa faktanya. Tapi seharusnya hal ini dilakukan.

Dan jika pemeriksaan kesehatan terhadap sipir rutin dilakukan secara ketat, maka mereka pun akan sulit menjadi sarana penularan virus

* * *

Dari ulasan di atas, SANGAT JELAS bahwa penularan virus corona ke dalam penjara itu RELATIF SANGAT SULIT. Justru penjara adalah tempat yang sangat aman dari serangan wabah corona.

Karena itu, ketika mendengar berita bahwa ada wacana 30.000 hingga 35.000 napi akan dibebaskan agar tidak terjangkit corona, sungguh saya sangat bingung luar biasa.

Tapi semoga ini hanyalah wacana. Aamiin. (*)

*Penulis: Jonru Ginting

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.