Sabtu, 06 Juni 2020

Hentikan Covid-19, Kata Kuncinya Perang

Hentikan Covid-19, Kata Kuncinya Perang

Foto: Ilustrasi virus corona atau covid-19  (Freepik)

Pekanbaru, Swamedium.com — Menonton liputan wabah corona di WUhan, di Discovery, ada satu hal yang menarik bagi saya, adalah kata PERANG. Mereka menyatakan Perang Melawan Virus.

Dalam liputan itu mereka tidak menyinggung soal angka; berapa total jumlah yang kena dan berapa total jumlah warga yang mati. Tapi di liputan itu bagaimana pemerintah China dan rakyatnya bahu membahu untuk memerangi penyebaran virus dengan patuh berdiam diri di rumah, karena lockdown. Dalam liputan itu, memang terlihat kota Wuhan jadi kota mati, tidak ada pergerakan. Mereka mengunci pintu masuk ke Wuhan baik dari udara maupun dari darat.

Sebagai negara asal ditemukan wabah siluman ini, China memang beruntung, mereka mendapat bantuan APD, masker, hazmat, makanan dari sejumlah negara. Jadi tidak ada keluhan tentang minimnya APD untuk dokter dan perawat yang menangani ribuan pasien. Warga pun tidak kesulitan mendapat masker.

PERANG. Dengan kata itu, Wuhan atau Provinsi Hubey sekarang sudah bebas dari Lockdown. Rakyatnya sudah bisa keluar rumah, walau masih dalam pembatasan.

Sekarang di kita, lockdown, karantina, karantina wilayah, darurat sipil, darurat kesehatan, kata itu bertebaran di media, tolak ansur, pro kontra sejak awal Maret.

Dimulai dari pengungkapan dua pasien positif dan belum ada yang meninggal hingga sekarang sudah ribuan yang positif dan dua ratus lebih meninggal, dari semua kata di atas tadi, kata pamungkasnya adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar setelah tiga minggu rakyat dihimbau di rumah saja tanpa bantuan.

Semoga PSBB ini bisa memutus rantai penyebaran, dan rakyat yang diminta tinggal dan kehilangan pencarian mendapat bantuan untuk kehidupannya. (*)

Pekanbaru, 8 April 2020

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.