Kamis, 09 Juli 2020

Ini Pernyataan Lengkap Anies soal Pemberlakuan PSBB di Jakarta

Ini Pernyataan Lengkap Anies soal Pemberlakuan PSBB di Jakarta

Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan konferensi pers terkait pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Jakarta.

Kemudian untuk dunia usaha, kita akan mengatur bahwa kegiatan perkantoran dihentikan kecuali beberapa sektor. Ada 8 pengecualian.

Pertama adalah sektor kesehatan. Kedua, sektor pangan, makanan, dan minuman. Ketiga adalah sektor energi. Ini seperti air, gas, listrik, pompa bensin itu semua berfungsi seperti biasa.

Kemudian sektor keempat adalah komunikasi, baik jasa komunikasi sampai media komunikasi itu bisa berjalan. Kelima adalah sektor keuangan dan perbankan termasuk pasar modal itu semua berjalan sepeti biasa

Kemudian kegiatan logistik distribusi barang berjalan seperti biasa, ini dikecualikan. Lalu ketujuh adalah kebutuhan keseharian retail seperti warung toko kelontong yang memberikan kebutuhan warga dikecualikan. Dan kedelapan adalah sektor industri strategis yang ada di kawasan ibu kota.

Jadi semua kegiatan yang lain akan dianjurkan bekerja dari rumah dan 8 sektor ini. Sektor kesehatan misalnya, itu diizinkan untuk tetap kegiatan. Dan ini bukan saja rumah sakit atau klinik, ini termasuk industri kesehatan seperti usaha memproduksi sabun, usaha memproduksi disinfektan itu sangat relevan dengan situasi sekarang. Jadi tidak berhenti.

Begitu juga dengan kegiatan organisasi sosial yang terkait dengan penanganan wabah COVID-19 bisa terus berkegiatan seperti biasa. Misalnya lembaga-lembaga pengelola zakat, lembaga pengelola bantuan sosial atau NGO di bidang kesehatan dan yang terkait penanganan COVID itu bisa berkegiatan

Bagi sektor-sektor yang tadi dikecualikan, mereka semua harus melaksanakan kegiatan dengan mengikuti protap penanganan COVID-19. Artinya, ada physical distancing, mengharuskan menggunakan masker, mengharuskan ada fasilitas cuci tangan yang mudah, dan melakukan cuci tangan yang rutin. Jadi protap itu dilakukan.

Lalu yang terkait dengan transportasi. Transportasi umum di Jakarta akan dibatasi jumlah penumpang per kendaraan umum. Akan dibatasi juga jam operasinya jadi jam 06.00 WIB hingga 18.00 WIB. Ini berlaku untuk semua kendaraan umum yang beroperasi di Jakarta.

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.