Minggu, 07 Juni 2020

Dana Haji Dialihkan? Negara Kapal Keruk

Dana Haji Dialihkan? Negara Kapal Keruk

Foto: M Rizal Fadillah. (ist)

Bandung, Swamedium.com — Ada usul dari (anggota) DPR bahwa dana haji agar dialihkan menjadi dana untuk mengatasi wabah corona. Entah merespons ini atau bukan Kemenag sedang mengkaji usulan pengalihan dana haji untuk digunakan penanggulangan covid 19. Hal ini dikaitkan dengan pembatalan ibadah haji oleh pemerintah Saudi.

Secara enteng pengalihan bisa bisa saja, tetapi soal dana haji bukan masalah yang dapat diposisikan enteng entengan. Harus ada persetujuan calon haji yang telah menitipkan dananya untuk keperluan ibadah. Bila tidak, maka sama saja Kemenag dianggap telah melakukan penggelapan bahkan korupsi. Calon jama’ah berhak untuk menuntut “alih fungsi” titipan biaya haji nya ini.

Persoalan dana haji selalu menawan untuk digunakan. Korupsi dana haji telah terjadi berulang. Isu soal digunakannya dana haji untuk pembangunan infrastruktur telah mengemuka dan hingga kini belum terklarifikasi benar atau tidaknya. Demikian juga dengan besarannya. Badan Pengelola Keuangan Haji sebaiknya segera mengumumkan tentang keamanan dana haji milik umat Islam ini.

Negara Kapal Keruk adalah negara yang mengeruk dana apa saja demi tujuan atau alasan tertentu. Termasuk mengeruk dana umat Islam apakah dana zakat yang terhimpun di Baznas atau dana haji yang berada di Kemenag atau BPKH. Sebelumnya telah ramai perbincangan soal mengeruk dana APBN yang dialih alihkan.

Bahaya mengalihkan dana haji dan juga dana lain ada dua hal besar. Pertama darimana nanti penggantian dana yang terpakai. Sementara kondisi keuangan negara sedang belepotan seperti ini. Keluhan Menkeu menjadi indikator. Kedua, Bisakah dipertanggungjawabkan penggunaan dana haji atau lainnya itu benar benar amanah ? Bukankah mental korupsi di kalangan pejabat masih melekat kuat ?

Pages: 1 2

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.