Rabu, 12 Agustus 2020

Ketika Negara Sudah Kalah Langkah dari Corona

Ketika Negara Sudah Kalah Langkah dari Corona

Foto: Teguh Firmansyah.

Jakarta, Swamedium.com — Sudah tiga pekan sebagian kantor di Jakarta menjalankan kerja di rumah. Ada juga yang baru mulai menjalankannya pekan-pekan ini atau mungkin resmi berjalan setelah pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Jumat (10/4). 

Sebagian yang sudah kerja di rumah, mungkin merasakan bagaimana tantangannya. Bagi seorang guru misalnya, harus telepon sana-sini berkoordinasi dengan guru lain, kepala sekolah, atau orang tua wali murid.

Ia harus memastikan bahwa tugas yang diberikan ke anak murid di rumah benar-benar tersampaikan dan dikerjakan dengan baik. Bagaimana pun mereka butuh penilaian untuk standar kelulusan atau naik tingkat siswa.

Yang sibuk tidak hanya guru. Orang tua wali murid pun kerepotan membantu anak-anak mengerjakan tugas dari sekolah. Bahkan tak jarang justru orang tua yang malah menuntaskan PR tersebut.

Belum lagi jika ibu atau ayah harus mengejarkan kerjaan dari kantor di rumah. Bisa kebayang bagaimana ribetnya membagi pikiran, waktu, dan tenaga.

Tidak ada yang tahu pasti kapan semua akan kembali normal. Ada yang memprediksi akhir Mei atau Juni. Hitungan ini berdasarkan waktu tiga bulan seperti yang diperlukan China untuk meredakan tekanan virus Corona Covid-19.

Namun patut dicatat China melakukan itu dengan cara lockdown. China benar-benar mengunci Kota Wuhan dan tak boleh ada yang keluar dari wilayah tersebut. China juga mengawasi dengan ketat daerah-daerah yang terpapar Corona dan mengerahkan tentara untuk mengawasi pergerakan orang.

Sementara di Indonesia, PSBB secara resmi baru dijalankan Jumat di Jakarta. Itu pun setelah berliku-liku dengan melewati birokrasi dan berbagai macam drama politiknya.

Dengan diberlakukannya PSBB ini, maka kerja maupun sekolah wajib dijalankan dari rumah kecuali sektor-sektor yang telah ditentukan seperti pangan, energi, komunikasi, keuangan-perbankan, logistik-distribusi barang, ritel, serta industri strategis dan kesehatan.

Pages: 1 2 3 4

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.