Senin, 30 November 2020

Mardani Minta Ombudsman Optimal Melakukan Pengawasan Maladministrasi

Mardani Minta Ombudsman Optimal Melakukan Pengawasan Maladministrasi

Jakarta, Swamedium.com – Anggota Komisi II DPR RI, Mardani Ali Sera minta Ombudsman RI tetap optimal melakukan pengawasan Maladministrasi Pemerintah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Saya berharap Ombudsman RI tetap optimal melakukan pengawasan terhadap Maladministrasi pada jajaran pemerintahan dan juga ASN untuk menjaga pelayanan publik agar lebih optimal,” kata Mardani, Rabu (22/4).

Lebih lanjut, Ketua DPP PKS itu juga minta Ombudsman RI mengawasi anggaran sebesar Rp 405,1 Triliun penanggulangan dampak wabah Covid 19. “Ombudsman harus serius melakukan pengawasan distribusi dan penggunaan dana Bencana ini agar tepat sasaran tepat guna,” ujar Mardani

Indonesian Corruption Watch (ICW) melansir selama sepuluh tahun terakhir terdapat sedikitnya 87 kasus korupsi dana benacana yang telah ditangani oleh Kepolisian, Kejaksaan, dan Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK). ICW mengatakan titik rawan korupsi dana bantuan bencana terletak pada tahapan tanggap darurat, rehabilitasi dan pemulihan atau rekontruksi lokasi bencana.

Mardani yang juga Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI ini juga menghimbau Ombudsman untuk mengawasi titik-titik rawan maladministrsasi itu. “Ombudsaman pusat dan perwakilan harus melakukan pengawasan betul titik potensi korupsi dan penyalahguaan dana bencana ini,” katanya.

Mardani minta jajaran pemerintah pusat dan daerah untuk transparan dan pengelolaannya akuntabel menyalurkan dana penanganan pandemik Covid 19.

“Harus terbuka jalan kan SOP melakukan palayanan publik yang lebih baik justru ketika kondisi seperti ini jangan sampai karena laku segelintir orang jadi penyebab makin lama virus ini bertahan,” pungkasnya. (*/ls)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.