Senin, 30 November 2020

Bendera Separatis RMS Berkibar di Halaman Polda Maluku

Bendera Separatis RMS Berkibar di Halaman Polda Maluku

Ambon, Swamedium.com — Tiga warga Kota Ambon masuk membawa bendera Benang Raja atau bendera FKM RMS di halaman Mapolda Maluku, Jalan Pattimura, Kota Ambon, Sabtu, 25 April 2020, pukul 15.45 WIT.

Tiba di Kantor Polda Maluku sembari mengarak bendera FKM RMS, ketiganya langsung diamankan. Tiga warga Kota Ambon itu, Simon Viktor Taihitu, warga Batu Gajah Kecamatan Sirimau, Abner Litamahuputty, warga Kudamati Kecamatan Nusaniwe, dan Jannes Pattiasina warga Kayu Tiga, Kecamatan Sirimau.

“Abner Litamahuputty diketahui wakil ketua FKM/RMS, dan Jannes Pattiasina diketahui sekertaris perwakilan FKM /RMS,” kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol. Roem Ohoirat, melalui rilis yang diterima media ini, di group WhatsApp Pers Polda Maluku.

Ia menjelaskan, ketiga warga simpatisan FKM/RMS tersebut bersama dua simpatisan RMS lainnya membawa atau membentangkan bendera RMS sambil berteriak “Mena Muria”, dengan berjalan kaki dari arah jembatan Skip hingga ke dalam halaman Mapolda Maluku.

Sesampainya di halaman Mapolda Maluku, lanjut Roem, kelima simpatisan tersebut langsung ditangkap dan dilakukan pemeriksaan di Ditreskrimum Polda Maluku. Barang bukti yang berhasil disita diantarannya, satu bendera RMS berukuran 1 x 2,5 mete, satu masker penutup mulut bergambar bendera RMS, dan HP merek Nokia.

“Dari hasil interogasi terhadap kelima orang tersebut, bahwa mereka sengaja menaikan bendera RMS dengan tujuan mendapat peliputan media, dan ada yang dibayar untuk hal tersebut,” jelas Roem.

“Tiga pembawa bendera RMS juga mengakui mereka saat ini adalah pimpinan FKM RMS. Sebelumnya mereka membuat Video beberapa hari lalu untuk mengajak masyarakat pasang bendera RMS. Dan hari ini mereka mendengar bahwa ada beberapa warga masyarakat yang ditangkap oleh aparat. Sebegai wujud tanggungjawab mereka kepada warga yang ditangkap, ketiganya datang ke Polda untuk menyerahkan diri,” pungkasnya. 

Sumber: rakyatmaluku

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.